Akibat Hujan Deras, Jalan Poros Berangas Km 4 Airnya Meluap Ke-Ruas Jalan Setinggi 50 – 60 Cm

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Akibat hujan deras, jalan raya berangas km 4, banjir setinggi 50 – 60 cm dan pengguna jalan tidak melintas, meluapnya air sampai ke ruas jalan akibat jembatan yang menggunakan gorong – gorong tidak mampu menampung air mengalir, sehingga meluap naik ruas jalan.

Jalan tersebut merupakan jalan poros berangas km 4 desa sigam, persimpangan jalan Campa Jawa desa Tirawan Kecamatan Pulau Laut Sigam.

Meluapnya air ke ruas jalan sepanjang 3 meter dengan ketinggian 50 – 60 cm, disebabkan curah hujan deras, sehingga mengganggu pengguna jalan yang melintas.

Walaupun ada yang nekat melintasi ditengah banjir dan lolos, tapi ada juga sementara melintas, namun ditengah banjir kendaraanya macet. beber Iwan, salah satu warga dirgahayu yang lolos melintas ditengah banjir.

Meningginya air disebabkan jembatan tersebut memakai gorong – gorong tidak seimbang air yang mengalir ke dalam gorong – gorong sehingga menyebabkan air mengalir cukup deras dan meluap sampai ruas jalan. ucap Iwan ke awak media suara kalimantan saat ditemui dilokasi, Kamis (23/7/2020).

Baca Juga:  Kanwil BPN Kalteng Gelar Bimtek Bidang Survei dan Pemetaan

Semestinya, jembatan yang menggunakan gorong – gorong perlu sudah diganti dengan jembatan supaya lebar dan tinggi, supaya air langsung mengalir bebas hambatan. Ujarnya.

Ya, memang tidak terlalu lama air langsung surut, tapi bila hujan deras tidak berhenti tentunya juga akan lama surutnya, karena air deras itu datang dari sungai kecil sigam tembus sungai gunung tirawan.

Kami berharap, Kepada pemerintah daerah dapat segera memperhatikan untuk menggantikan jembatan gorong – gorong dengan jembatan yang tidak menggunakan gorong – gorong, agar tidak menghawatirkan pengguna jalan yang melintas, tandasnya. (wan/dam).





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top