Sejumlah Parpol Bakal Mengusung Tokoh Gambut Raya di Pilkada Banjar 2024

Print Friendly, PDF & Email
Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Banjar, Masrur Auf Ja’far, SH, M.Kn (foto istimewa)

Martapura; suarakalimantan.com | KETUA Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Kabupaten Banjar Masrur Auf Ja’far, SH, M.Kn memprioritaskan kandidat calon kepala daerah di Kabupaten Banjar yang punya atensi terhadap Gambut Raya. Hal demikian disampaikannya kepada sejumlah awak media di sebuah cafe di Kertak Hanyar Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, Senin (06/05/2024). Diketahui sebagimana dijadwalkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada Rabu 27 November 2024 mendatang.

“Partai Demokrat memprioritaskan kandidat calon Pilkada Kabupaten Banjar yang punya atensi terhadap pemekaran kabupaten Gambut Raya,” katanya.

Menurutnya Auf, panggilan akrabnya Masrur Auf Ja’far, Partai Demokrat memiliki keterwakilan di DPRD Banjar hasil pemilu 2024 sebanyak 3 kursi, sehingga kata dia, Demokrat dapat berpartisipasi untuk mengusung kandidat calon bupati.

“Walau Demokrat hanya mendapatkan tiga kursi, dalam mengusung calon Bupati Banjar ini, kita bisa saja gabungan dengan partai lain, sehingga persyaratan 20 persen sebagaimana Pasal 40 ayat 1 dan ayat 2  tercapai UU Pilkada No. 1 Tahun 2015,” tegas Auf.

Selanjutnya Auf pun menjelaskan, dari sisi partai politik yang tidak mendapatkan kursi di DPRD Banjar dapat juga berpartisipasi sebagai partai pengusung bupati/wakil bupati.

“Kalau kita menoleh UU Pilkada tersebut, setidaknya partai non parlemen dapat berpartisipasi bagi mereka yang meraih 25 persen dari jumlah suara pada pemilu anggota legislatif, kan kita dapat berkoalisi atau gabungan dengan partai lain, sehingga dapat pula mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu anggota DPRD di kabupaten Banjar ini”. jelasnya.

Akan tetapi, beber Auf, ketentuan itu hanya berlaku untuk parpol yang memperoleh kursi di DPRD Banjar, sehingga hal ini termaktub dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 (UU Pilkada) Pasal 40 ayat (3).

Terpisah Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) Partai Bulan Bintang Kabupaten Banjar, H. Syahruji, S.Pd.I, SH, MH menyebut, PBB juga akan memberikan dukungannya terhadap bakal calon Bupati Banjar kepada tokoh Gambut Raya.

“Ya PBB Insya Allah akan memberikan dukungannya terhadap bakal calon Bupati Banjar dari tokoh Gambut Raya. Kan PBB mempunyai anggota juga di DPRD Banjar,” kata Syahruji yang merupakan Ketua LBHA BKPRMI Kabupaten Banjar ini, Senin (06/05/2024) saat dihubungi awak media ini via Call Phone WhatsApp.

Mengenai nama bakal calon  tersebut, kata Syahruji sudah tercatat di Partai Bulan Bintang. “Ya namanya sudah ada lah, nanti bila sudah tiba saatnya akan kami umumkan. Yang jelas tokoh Gambut Raya beliaunya,” beber Pengacara jebolan OA P3HI ini.

Sementara, Sekretaris Penuntut Pemekaran Kabupaten Gambut Raya, H. Aspihani Ideris, S.AP, SH, MH menyambut gembira atas dukungan petinggi partai politik Kabupaten Banjar terhadap pemekaran Gambut Raya.

“Alhamdulillah, sejumlah partai politik di Kabupaten Banjar sudah memberikan dukungannya terhadap wacana pemekaran kabupaten Gambut Raya,” kata Aspihani dalam rilisannya ke sejumlah redaksi media online, Senin (06/05/2024).

Bakal Calon Wakil Walikota Banjarmasin ini membeberkan, dengan menggandeng tokoh Gambut Raya dalam Pilkada Banjar 2024 mendatang ini sama saja dengan mendukung penuh tercapainya cita-cita pembentukan daerah otonom baru berupa Kabupaten Gambut Raya.

“Sebenarnya wacana menggandeng tokoh Gambut Raya ini sudah di munculkan oleh Ketua Partai Gerindra Banjar, bahkan Muhammad Rofiqi,” tutur Aspihani.

Bahkan kata Dosen Hukum Uniska ini, pertama kalinya H. Muhammad Rofiqi, SH terang-terangan berstatement di puluhan media menyatakan maju sebagai Calon Bupati Banjar dengan menggandeng tokoh Gambut Raya.

“Ini merupakan pernyataan politik yang sangat luar biasa,” ujar Aspihani.

Ia pun berharap petinggi partai politik di Kalsel bersikap yang sama dengan bapak Muhammad Rofiqi, Masrur Auf Ja’far dan bapak Syahruji.

“Semoga niat baik mereka mendapatkan ganjaran pahala dan surga kelak,” tuntas Aspihani mengakhiri bicaranya. (bhani)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top