Mendagri Hadiri Rapat Tapal Batas Kalteng – Kalbar Di Sukamara Tahun 2021 Sementara PT. TIS Ngotot Kerja Terus Di Pakit Selaba, Saat Diekspos Aktivitas PT. TIS Alex Girsang Hardik Agar Berita Berimbang Dan Uniknya Hindari Klarifikasi.

Print Friendly, PDF & Email

Sukamara – Ketapang

SEJAK tahun 2021yang lalu sampai saat ini dengan bekal ijin lokasi dari pemkab Sukamara PT. TIS kuasai lahan warga didesa Pakit Selaba yang masih diwilayah kecamatan Manis Mata kabupaten Ketapang Kalimantan Barat (Kalbar, red) yang berujung insiden konflik dan belum terselesaikan sampai saat ini hingga warga Pakit Selaba dilaporkan ke polsek Permata Kecubung Sukamara Kalimantan Tengah (Kalteng, red) oleh pihak PT. TIS.

Terkait pemberitaan sengketa ini berapakali terekspos diberapa media online (tergabung tim investigasi, red) masih belum ada info yang diterima upaya penyelesaian konflik dari kedua belah pihak antara PT. TIS vs Warga Pakit Selaba, terekspos konflik ini membuat beberapa pihak mengakui sebagai humas PT. TIS yang salah satunya Alex Girsang yang infonya dulu pernah membantu warga Pakit Selaba dalam membela lahan warga yang dikuasai PT. TIS menghardik yang katanya (Alex Girsang, red) agar pemberitaan harus berimbang dengan terlebih dahulu mengkonfirmasikan ke PT. TIS sebelum diberitakan.

Baca Juga:  Didatangi Rasulullah, Wangi Guru Sekumpul Melebihi Minyak Harum Kasturi

Akan tetapi baik Tjandra dan Alex Girsang sampai saat ini belum berikan jawaban klarifikasi sedangkan konfirmasi tertulis (12/1/2024), sudah di layangkan yang ditujukan ke Tjandra dan Alex Girsang pihak PT. TIS melalui via WhatsApp namun sampai saat ini belum ada klarifikasinya, kesannnya hindari klarifikasi.

CAMAT MANIS MATA Leobenus Robert, S. Pd, M. AP (15/1) saat di konfirmasi melalui via telpon seluler tentang aktivitas PT. TIS didesa Pakit Selaba, dalam penyampaian Camat Manis Mata ini mempertegas penyampaian Kades Pakit Selaba (Frans Tuyut, red) yang dalam penyampaian Camat Manis Mata bahwa PT.TIS sudah dilaporkan ke pemerintah Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat (Kalbar, red) atas aktivitasnya di desa Pakit Selaba.

“Sedangkan PT. TIS hanya kantongi ijin dari Pemkab Sukamara Kalimantan Tengah (Kalteng, red), atas laporan yang ada Pemkab Ketapang melakukan investigasi ke desa Pakit Selaba yang dipimpin oleh Kabag Tapem Pemkab Ketapang Anwar dimana hasilnya atas temuan dilapangan dirumuskan agar tidak boleh ada aktivitas sebelum masalah clear tetapi pihak PT. TIS ngotot lanjut kerja terus, PT. TIS bekerja di Pakit Selaba sejak 2021 barulah konflik dilapangan mulai terjadi dan saat itu kita adakan mediasi di Pakit Selaba, merujuk SK Mendagri tahun 1989 tempat aktivitas usaha perkebunan PT. TIS didesa Pakit Selaba masih dalam wilayah Kalbar,” ungkap Camat Leobenus Robert.

Baca Juga:  Warga Sekapuk Komitmen 80 Persen Kemenangan SHM-MAR

Lebih jauh Camat Manis Mata menuturkan, di tahun 2021 akhir diadakan pertemuan dalam membahas tapal batas Kalteng – Kalbar, dalam pertemuan selain pemkab Sukamara dan Ketapang juga di hadiri pihak Kementrian Dalam Negeri (Mendagri, red) yang di wakili dari Dirjen Tapal Batas.

“Bahwa dalam berita acara pertemuan bahwa mengenai tapal batas Kalteng – Kalbar diserahkan penanganan dan tanggung jawabnya ke Mendagri, saat itu yang hadir dari pemkab Ketapang adalah Anwar Kabag Tapem sedangkan dari pihak pemkab Sukamara yang hadir Wakil Bupati dan Sekda Sukamara, di bulan Januari 2022 yang lalu seharusnya sudah terbit SK Mendagri tentang kejelasan tapal batas Kalteng – Kalbar, akan tetapi sampai saat ini belum muncul SK Mendagri tersebut, sedangkan PT.TIS terus kerja di desa Pakit Selaba dan tindakkannya sudah kami laporkan ke Pemda Ketapang namun belum ada tindakkannya, tugas kami hanya berkoordinasi saja bukan kapasitas kami ambil kebijakkan,” Pungkas Camat Manis Mata Leobenus

Berdasarkan dari informasi didapatkan bahwa selain area penggunaan lain (APL, red) yang dikuasai PT. TIS di desa Pakit Selaba sesuai penuturan Camat Manis Mata, rumor yang berkembang bahwa PT. TIS diduga beraktivitas juga di kawasan hutan, yang pasti publik ingin kasus ini agar terang benderang seperti kasus yang saat ini ditangani kejaksaan negeri Lamandau yang masih berkaitan dengan penguasaan lahan kawasan.

Baca Juga:  Mantan Kades Kersik Putih Tanbu divonis 2 Tahun Penjara, Denda Rp 50 Juta

(Mr boen 024/ Yohanes EI, SE)





1 komentar untuk “Mendagri Hadiri Rapat Tapal Batas Kalteng – Kalbar Di Sukamara Tahun 2021 Sementara PT. TIS Ngotot Kerja Terus Di Pakit Selaba, Saat Diekspos Aktivitas PT. TIS Alex Girsang Hardik Agar Berita Berimbang Dan Uniknya Hindari Klarifikasi.”

  1. Makasih banyak ya buat infonya yang bermanfaat banget! Suka banget baca berita di sini, selalu yang terkini dan relevan. Oh iya, buat yang suka pendekin link, coba deh V.af! Gue udah pake, praktis banget dan tampilannya juga oke. Langsung aja cek di V.af, ya. Terima kasih lagi buat berita seru di situs ini! πŸ‘πŸ˜Š

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top