PT. Sungai Rangit Dan PT UAI Gelar Pelatihan Dan Sertifikasi

Print Friendly, PDF & Email

Sukamara, –

Sedikitnya ada 45 orang peserta mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Petugas Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan yang di inisiasi oleh PT. Sungai Rangit dan PT. Usaha Agro Indonesia (PT. UAI) bekerja sama dengan Balai PPI Kalimantan dan Manggala Agni Doops Kalimantan III Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Dari jumlah peserta yang ada 40 orang peserta ini merupakan anggota petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan PT. Sungai Rangit dan PT. UAI.

Sementara itu 5 orang peserta lainnya berasal dari perwakilan desa binaan PT. Sungai Rangit dan PT. UAI.

General Manager (GM) PT. Sungai Rangit Tulus Sihombing mengatakan bahwa pelatihan dan sertifikasi petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan petugas pemadam dalam pelatihan kali ini.

Tulus juga sangat mengharapkan para peserta pelatihan bisa menerapkan pengetahuan yang di dapatkan saat pelatihan ketika bertugas di lapangan saat terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Tulus kepada awak media ini menuturkan lebih jauh bahwa dengan adanya pelatihan dan sertifikasi ini merupakan langkah nyata komitmen perusahaan di dalam mencegah sejak dini kebakaran hutan dan lahan dengan pembentukan petugas pemadam.

Baca Juga:  M. Alpiya Rakhman : Warga Perlu Cerdas Memilih Pemimpin, Harus Tahu Track Recordnya

“Para petugas pedaman kebakaran memang tidak hanya di khususkan di dal kebun saja untuk pemadaman namun siap memadamkan api di luar area perusahaan,” beber Tulus pada Kamis (21/12/2023).

Sementara itu Wakapolres Sukamara Polda Kalteng Kompol Alexander Sitepu mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak perusahaan.

Tentunya pelatihan yang dilaksanakan untuk petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan ini menambahkan pengetahuan dan momentum ini wajib di manfaatkan oleh para peserta.

Selanjutnya terkait peraturan pelarangan pembakaran hutan dan lahan jelas dan pasti sudah diketahui oleh para petugas pemadam itu sendiri.

Tentunya para petugas pemadam kebakaran bisa mensosialisasikan peraturan ini ke desa binaan perusahaan dengan tujuan agar tidak ada lagi warga yang terjerat kasus hukum terkait pembakaran hutan dan lahan.

Pelatihan dan Sertifikasi Petugas Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan ini dilaksanakan sejak 18-20 Desember 2023 bertempat di Kantor Besar PT. Sungai Rangit.

Ada pun narasumber pelatihan adalah Kepala Manggala Agni Binsar Oktavianus Togatorop.

Baca Juga:  Manfaatkan Hari Libur, Serka Saipul Fadillah Sambangi Warga Binaan

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top