PT HRB Bersama Kelompok Tani Di Sungai Pinang Kelola Hutan Tanam Beras Merah

Print Friendly, PDF & Email
TANAM Perdana Beras Merah Kerjasama Kemitraan Mengelola Hutan Bersama Masyarakat PT. Hutan Rindang Banua dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) “TETAP LANGGENG” di Desa Hakim Makmur Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar menarik minat Masyarakat.

Martapura ; suarakalimantan.com |TANAM Perdana Beras Merah Kerjasama Kemitraan Mengelola Hutan Bersama Masyarakat PT. Hutan Rindang Banua dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) “TETAP LANGGENG” di Desa Hakim Makmur Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar menarik minat Masyarakat.

Acara tanam perdana beras merah tersebut diadakan di lahan KTH ‘TETAP LANGGENG’ yang dihadiri oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Perhutanan Sosial Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel beserta Kasi Penyuluhan dan 2 orang staff, Kepala KPH Kayutangi beserta Kasi Perhutanan Sosial dan 8 orang staff KPH dan Kabid dari Dinas Pertanian Provinsi Kalsel beserta Kasie dan 6 orang staff. Selain itu hadir dari puluhan anggota KTH Tetap Langgeng dan masyarakat sekitar Desa Hakim Makmur, Rabu (22/11/2023)

Sementara dari PT Hutan Rindang Banua hadir Pimpinan beserta staff sekitar 20 orang turut berpartisipasi dalam mensukseskan acara tanam perdana beras merah ini yang merupakan kemitraan dengan KTH Tetap Langgeng di Desa Hakim Makmur Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam sambutanya Ketua KTH Tetap Langgeng mengucapkan terima kasih atas terealisasinya kerjasama kemitraan dengan PT HRB dan dalam binaan KPH Kayutangi. Pengalaman budidaya beras merah sebelumnya menjadi modal utama KTH untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil budidaya beras merah saat ini.

Pimpinan PT HRB dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih atas penerimaan masyarakat Desa Hakim Makmur khususnya dan secara umum masyarakat Riam Kiwa sehingga PT HRB bisa melakukan aktivitas dan merealisasikan penanaman di areal konsesinya sampai saat ini sudah 308 Ha dan akan dilanjutkan pada tahun tahun berikutnya.

Baca Juga:  Selain Kirim Bantuan " Dokter TNI - AD Juga Turun Ke lokasi Musibah Banjir

Pimpinan PT HRB juga mengapresiasi KTH Tetap Langgeng yang melakukan kemitraan penanaman beras merah dengan PT HRB harapanya hasil tanam beras merah ini bisa bagus sehingga ke depanya bisa ditingkatkan lagi.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Perhutanan Sosial Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel mengapresiasi dengan aktifnya PT. HRB dalam merealisasikan penanaman sesuai RKT yang sudah disetujui. Selain itu juga mengapresiasi PT HRB atas realisasi kemitraan budidaya beras merah dengan KTH Tetap Langgeng di Desa Hakim Makmur, besar harapan kemitraan ini ke depannya bisa dikembangkan menjadi lebih besar dengan luasan budidaya beras merah yang lebih luas untuk perlu dukungan dari PT HRB dan dinas terkait seperti Dinas Pertanian. Pemasaran beras merah juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk keberlangsungan budidaya beras merah.

Kabid dari Dinas Pertanian Provinsi Kalsel juga memberikan apresiasi atas kemitraan beras merah antara PT HRB dengan KTH Tetap Langgeng. Beliau juga menjelaskan bahwa telah memberikan alat penggilingan padi beras merah sehingga nanti bisa untuk pengolahan hasil panen beras merah. Selain itu juga Dinas Pertanian juga telah memberikan budidaya jenis komoditi lain seperti biji bawang merah dan bibit tanaman durian. Dinas Pertanian siap berkolaborasi dengan KTH dan juga PT HRB terkait pengembangan beras merah ini.

Baca Juga:  DPD APERSI Kalsel Gelar Pengobatan Gratis Pasca Banjir

Selanjutnya KKPH Kayutangi selaku pihak yang terkait langsung dalam realisasi kemitraan beras merah ini juga mengapresiasi terealisasinya kemitraan beras merah dan sengon yang sudah dilakukan di wilayah Riam Kiwa. Besar harapan bahwa kemitraan beras merah ini berhasil sehingga bisa dikembangkan secara luas mengingat secara pemasaran bahwa beras merah ini sudah memiliki pasar tetap dan yang diperlukan adalah kontinuitas supply beras merah, dengan kemitraan ini juga diharapkan bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat sesuai semboyan hutan lesrari yaitu Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera.

Acara tanam bersama diakhiri dengan doa bersama untuk memohon kemudahan dalam mewujudkan kemitraan beras merah yang sedang dilakukan saat ini untuk kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya dilakukan tanam bersama bers merah oleh Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, KKPH Kayutangi, KTH Tetap Langgeng dan PT HRB.

Aris Kiswanto sebagai Manager Operasional HTI PT HRB dalam wawancara di Media cetak dan elektronik disela acara tersebut menyampaikan Program Kerjasama yang sifatnya adalah kemitraan dengan cara Mengelola Hutan Bersama Masyarakat atau bisa disingkat MHBM dimana saat ini yang ditanam perdana ini tanggal 22 Nopember 2023 telah dilaksanakan tanam perdana di lokasi konsesi PT. HRB yaitu Site Riam Kiwa tepatnya di Desa Hakim Makmur Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar.

Baca Juga:  Akhmad Gafuri : Belum Ada Pelanggaran Pidana Pemasangan Alat Peraga Kampaye

“untuk di tanam perdana ini telah bekerjasama dengan KTH Tetap Langgeng Bapak Saelan harapan kedepannya program ini bisa berjalan dengan lancar, baik sehingga dari satu dua tiga hektar kedepannya akan lebih besar lagi karena dengan adanya komoditas beras merah dimana tuntutan di Masyarakat yang peminat dan kebutuhannya semakin banyak, mungkin itu harapannya ke depan sehingga membawa antusias Masyarakat untuk bisa bersama dengan Perusahaan mengelola hasil hutan menjadi Lestari menjadi Lestari menjadi lebih baik dan berguna untuk anak cucu kita” mengakhiri perbicangan dengan awak media suarakalimantan.com.


Sumber: Tim HRB





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top