FISIP UNISKA Sosialisasi Strategi Berbisnis Media Digital di SMAN 2 Martapura

Print Friendly, PDF & Email
Foto: Kegiatan sosialisasi Strategi Berbisnis dengan Memanfaatkan Media Digital di SMA Negeri 2 Martapura, Rabu (22/11/2023)

Martapura; suarakalimantan.com | FISIP UNISKA- Untuk menularkan cara cerdas berbisnis di era digital bagi kalangan pelajar, sejumlah mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari (MAAB) menggelar sosialisasi di SMA Negeri 2 Martapura, Rabu (22/11/2023) pagi.

Kegiatan sosialisasi yang mengusung tema “Strategi Berbisnis dengan Memanfaatkan Media Digital” itu diikuti sebanyak 30 orang pelajar dari Kelas 10 SMA Negeri 2 Martapura.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala SMAN 2 Martapura, Busriansyah, Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi FISIP Uniska, Risa Dwi Ayuni, Dosen Prodi Ilkom, MS Shiddiq dan Gina Liliana serta Wakil Kepala SMAN 2 Martapura Bidang Humas, Rafikah.

Kepada para mahasiswa FISIP Uniska, Kepala SMAN 2 Martapura, Busriansyah, menyambut hangat dan memberikan apresiasi atas inisiatif mereka menularkan ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada anak didiknya di SMAN 2 Martapura.

Apalagi, kata Busriansyah, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan tips bagaimana generasi muda bisa menyesuaikan diri dengan era digital.

Sementara itu, Dosen Pembimbing mahasiswa tersebut, MS Shiddiq, mengaku bangga dengan kreatifitas dan keberanian mahasiswa bimbingannya untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tersebut.

Dijelaskan Shiddiq, bahwa sebenarnya kegiatan ini adalah salah satu format pembelajaran yang diterapkan kepada para mahasiswa dengan mata kuliah Komunikasi Pembangunan.

Dikatakan, kepada para mahasiswa memang diberi tugas untuk bisa menyampaikan pesan-pesan pembangunan melalui sosialisasi kepada publik.

Salah satu contohnya, kata Shiddiq, adalah melalui kegiatan yang dilaksanakan seperti yang digelar di SMAN 2 Martapura.

“Sejauh ini sudah ada dua kelompok yang turun langsung ke lapangan melakukan sosialisasi seperti ini. Nanti disusul beberapa kelompok lagi mahasiswa Kampus Banjarbaru dan juga Banjarmasin. Tentu sebagai dosen pembimbing saya sangat bangga melihat mahasiswa saya mampu dan berani mengadakan acara yang luar biasa seperti hari ini,” kata Shiddiq.

Ditambahkan dia, kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan mahasiswanya terlihat penuh persiapan, hal itu bisa dilihat dari action mereka yang memang luar biasa ekspresif,” imbuhnya.

Kepada para mahasiswa dan peserta sosialisasi, Shiddiq juga berpesan agar sebagai generasi muda harus melek teknologi dan selalu belajar beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi.

“Karena di era industri seperti, jangan sampai generasi muda ketinggalan zaman dan tidak memanfaatkan semaksimal mungkin potensi dunia digital untuk mempermudah kehidupan dan mencerdaskan,” ujar dia.

Ia juga mengingatkan, agar generasi milenial dan Gen Z tidak terlena dengan teknologi yang ada di genggamannya seperti teknologi seluler.

“Jadikanlah teknologi Hape yang kaliang pegang, itu sebagai alat untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, termasuk peluang untuk penghasilan cuan,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Ketua Pelaksana kegiatan sosialisasi tersebut, Rika Maulidina Saputri, menuturkan bahwa dirinya bersama rekan-rekannya mempersiapkan kegiatan itu sejak 10 hari sebelumnya.

“Alhamdulillah, didukung 10 orang anggota kelompok waktu yang 10 itu cukup untuk mempersiapkan acara mulai dari urusan administrai, izin dan koodinasi dengan pihak sekolah. Dan, hasilnya juga tidak mengecewakan hari ini acara berjalan dengan lancar,” kata gadis berkacamata itu.

Sebenarnya, ungkap Rika, dirinya bersama rekan-rekannya sempat khawatir acara kurang maksimal, karena mepetnya waktu dan terbatasnya sumber daya.

Tetapi, berkat kerjasama semua anggota kelompok, dukungan dari kampus FISIP Uniska, dosen pembimbing dan pihak SMAN 2 Martapura, acara bisa terlaksana dengan baik.

“Kami sebenarnya sempat khawatir dan takut acaranya kurang maksimal, tapi Alhamdulillah setelah selesai acaranya kami merasa cukup puas dengan hasilnya, mengingat ini kali pertama kami mengadakan acara sosialisasi dan kebetulan kami langsung yang menjadi pematerinya,” ungkapnya.

Kegiatan sosialiasi selain diisi dengan penyampaian materi tentang strategi berbisnis di era digital oleh Rika Maulidina Saputri dan Laila Najwa, juga diselingi dengan kegiatan pembagian doorprize kepada para pelajar.

Panitia juga menampilkan video motivasi strategi berbisnis di era digital yang disampaikan oleh Pendiri dan Pemilik brand usaha ‘Karya Tangan’, Naura, yang kebetulan adalah mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Uniska. (Rian)





Baca Juga:  TNI DAN WARGA DENGAN PENUH SEMANGAT DALAM TMMD KODIM 1003/KANDANGAN

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top