Tanam Pohon Buah Buahan PT. Sungai Rangit Harapkan Adanya Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Print Friendly, PDF & Email

Suarakalimantan.com, Sukamara – Manager Plantation Support PT. Sungai Rangit, R. Dimas Setyawan, menyampaikan, bahwa kegiatan penanaman pohon buah-buahan disekitar perusahaan merupakan bentuk kolaborasi antara masyarakat desa dan perusahaan dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup.

“Kegiatan penanaman ini salah satu bentuk kolaborasi perusahaan dengan masyarakat desa dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan juga peningkatan ekonomi masyarakat desa sekitar perusahaan,” kata Dimas.

Hal senada juga dikatakan oleh Manager CSR PT. Sampoerna Agro Tbk Fajar Suryono mengatakan, bahwa Program Penanaman Pohon buah-buahan dirancang sebagai Program Pemberdayaan dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat sekaligus mendukung upaya konservasi dan penyelamatan lingkungan.

Penanaman ini juga sekaligus memperingati Gerakan Satu Juta Pohon yang selalu diperingati setiap 10 Januari dalam setiap tahunnya.

“Program Penanaman Pohon merupakan salah satu Program CSR PT. Sungai Rangit dalam Bidang Lingkungan Hidup. Program bertujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan juga pelestarian lingkungan hidup. Program ini akan terus kita kembangkan di desa binaan sekitar perusahaan, sehingga akan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat desa dan juga lingkungan sekitar dan global”, kata Fajar Suryono.

Baca Juga:  Kompak Polisi dan TNI Amankan Gereja Untuk Perayaan Paskah

Pada kesempatan yang sama setelah penanaman tersebut, Ketua Kelompok Tani Desa Sumber Mukti Imam Muslim mengatakan, bahwa penanaman pohon buah-buahan di desa sangat diperlukan karena saat ini sangat sedikit masyarakat yang menanam pohon buah-buahan. Selain itu penanaman pohon buah-buahan ini nantinya akan membantu ekonomi masyarakat desa.

“Kami sangat berterima kasih kepada PT. Sungai Rangit yang membantu kami bibit pohon buah-buahan, pupuk dan pestisida yang diberikan. Pohon buah-buahan tersebut kita tanam di tanah desa dan akan dikelola oleh Kelompok Tani dan Pemerintahan Desa Sumber Mukti. Kedepannya 3 atau 4 tahun ke depan kita berharap dapat menikmati hasilnya, sehingga menambah nilai ekonomi masyarakat desa”, kata Imam Muslim.

Dirinya menegaskan, Program Peningkatan Ekonomi masyarakat desa dengan penanaman pohon buah-buahan tersebut merupakan salah satu Program CSR PT. Sungai Rangit tahun 2023.

“Dimana Kebun pohon buah-buahan akan dikelola oleh Pemerintahan desa dan kelompok Tani yang ada di masing-masing desa. Tujuan Program ini adalah sebagai bentuk partisipasi perusahaan dan masyarakat desa dalam mendukung Gerakan Satu Juta Pohon, pelestarian lingkungan hidup dan nantinya sebagai tambahan ekonomi masyarakat desa sekitar,” Pungkas Imam Muslim.

Baca Juga:  Sinar Kamala Dilantik Jadi Ketua Bapera Kalteng 

Untuk diketahui bahwa PT. Sampoerna Agro Tbk melalui anak unit bisnisnya yaitu PT. Sungai Rangit yang berada di Kabupaten Sukamara Provinsi Kalimantan Tengah mengembangkan Program Peningkatan Ekonomi masyarakat desa dengan melakukan penanaman 200 batang pohon buah-buahan unggul yang terdiri dari Pohon Durian, Pohon Alpokat dan Pohon Mangga.

Selain bibit tanaman, PT. Sungai Rangit juga memberikan bantuan berupa pupuk dan pestisida.

Ada tiga desa yaitu Desa Sumber Mukti, Desa Tempayung Kabupaten Kotawaringin Barat dan Desa Karta Mulia Kabupaten Sukamara. Penanaman perdana dilakukan dilahan seluas 1 hektar di Desa Sumber Mukti pada Sabtu, (14/1/2023)

Penanaman dilakukan oleh Kelompok Tani dan Staff Pemerintahan Desa Sumber Mukti Imam Muslim, yang mana dihadiri oleh Manager CSR Fajar Suryono, Manager Plantation Support R. Dimas Setyawan, Askep Plantation Support M. Albar, dan Staff CSR PT. Sungai Rangit M. Nur Cholis.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top