Indocement Gandeng Wartawan Dan LSM Hijaukan Kawasan Resapan Air

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. PT Indocemet Tunggal Prakarsa, Tbk Tarjun, salah satu perusahaan pabrikan semen Tiga Roda yang beraktifitas di beberapa daerah di Indonesia dan salah satunya adalah di kabupaten Kotabaru, hari ini tadi Kamis (15/12/2022) melaksanakan kegiatan penanaman di 8 desa yang ada di 2 kecamatan yakni, Desa Gunung Ulin di 2 lokasi, Sungai Taib, Semayap, Dirgahayu, Baharu Utara, Batuah, Sigam, dan terakhir adalah Desa Hilir Muara, dan sebanyak 275 batang pohon seperti, durian, mangga, petai, jambu, jengkol, nagkadak, lengkeng, mahoni dan beberapa bibit lainnya tertanam.

Kegiatan tersebut menggandeng kalangan jurnalis yang bertugas di kabupaten Kotabaru dan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan instansi terkait yang memberikan dukungannya, utamanya adalah Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Pulau Laut dan Sebuku yang memberikan support bibit.

Tujuan pelaksanaannya tentunya untuk kepedulian terhadap lingkungan serta memberikan edukasi terkait kawasan hutan yang mesti dijaga kelestariannya untuk generasi mendatang. Hal tersebut juga secara tidak langsung membantu program pemerintah.

Baca Juga:  STIA LAN Jakarta Bakal Jalin Kerjasama dengan Kementrian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN/D

Environment Head PT ITP Tarjun, Eva Ariani menjelaskan,” prinsipnya Indocement ingin menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan yang melibatkan berbagai stakeholder yang salah satu kegiatannya adalah penanaman pohon.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan melibatkan berbagai pihak termasuk masyarakat didalamnya, tentu tujuannya adalah untuk melakukan perbaikan lingkungan dengan upaya reboisasi yang manfaatnya tentu dapat mencegah daerah – daerah yang dinilai rawan bencana,” tuturnya.

Dijelaskannya pula, menjadi harapannya hal tersebut menjadi pilot project sehingga masyarakat sekitar yang menjadi target penanaman lebih peduli terhadap lingkungan dan menyadari bahwa apabila menjadi gundul maka akan menyebabkan bencana yang merugikan ekosistem lingkungan.

“Ini akan menjadi progress kedepannya sehingga masyarakat yang turut serta dan kegiatan ini dilakukan oleh Indocement setelah perusahaan melakukan pilot project di semua desa binaan. Harapannya di tahun 2023 nanti akan terus berlanjut, karena Indocement melihat sangat bermanfaat dan kebetulan perusahaan yang saat ini merupakan salah satu perusahaan yang mendapatkan grand label,” terangnya kemudian.

Baca Juga:  Perempuan Wirausaha di Kalimantan Selatan Wadahi UMKM Mikri Naik Kelas

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten Kotabaru, Ahmad Nuraksin Q sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan penanaman pohon yang di inisiasi oleh Indocement.

“Kita patut apresiasi kepada PT ITP yang telah menggagas kegiatan ini, yang mana bukan hanya wartawan dan LSM saja yang menerima manfaatnya namun lebih kepada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Secara tidak langsung, lanjutnya, juga lebih meningkatkan hubungan baik antara PT ITP, masyarakat, wartawan maupun LSM di kabupaten Kotabaru untuk terus membangun sinergi yang baik. “Sekali lagi terimakasih kepada Indocement dan pihak – pihak yang membantu, kami juga merasa bangga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat langsung berkenaan dnegan pentingnya menjaga kawasan hutan,” harapnya.

Sementara Koordinator Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Zamzanie mengaku senang dan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Menjadi harapannya kawasan hutan yang ditanami berbagai macam pohon tersebut dapat terus lestari.

“Kami dari PSM pastinya bangga dengan PT ITP dan wartawan yang peduli terhadap lingkungan. Ini patut kita dukung, apalagi untuk menjaga lingkungan khususnya area-area yang dinilai rawan dan ini merupakan komitmen dan kepedulian secara nyata,” imbuhnya.

Baca Juga:  Sisi Jembatan Sungai Nibung Angsana Terlihat Longsor

Ribut Prawanti, salah satu warga Desa Sungai Taib mengaku sangat terbantukan dengan pemberian bibit gratis dan upaya yang dilakukan oleh PT ITP berkaitan dengan lingkungan. Ia berharap kedepan akan membantu mengurangi dampak lingkungan seperti halnya banjir dan tanah longsor.

“Tentu saya sebagai warga sangat berterimakasih kepada PT ITP dan wartawan yang sudah memberikan bibit dan melaksanakan penanaman pohon semacam ini. Mudah-mudahan kedepan akan ada lagi hal serupa dan ini sangat membantu kami,” ucapnya bangga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Kotabaru, H. M. Maulidiansyah menyampaikan, pihaknya sangat mendukung langkah yang dilakukan dalam perbaikan kualitas lingkungan hidup. “Kami terus support dan mendukung kegiatan semacam itu, apalagi untuk menjaga lingkungan,” ujarnya. (dam/ril)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top