Acara Mappacci Adat Tradisional Sebelum Dilangsungkannya Akad Pernikahan Ahmad Pradana & Maulidina Putri Nur

Print Friendly, PDF & Email
SUAKA – KOTABARU. Acara Mappacci yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2022 bertempat di Gedung Islamic Center Kotabaru sebelum dilangsungkannya akad pernikahan antara Ahmad Pradana.SE. anak dari Bapak Boedy Riyanto dan ibu Hj.Darawati. Dengan Maulidina Putri Nur Binti H.Moehammad Noor (Alm) dan ibu Hj. Nur Hikmah.
Acara Mappacci ini sudah lazim bahkan wajib dilaksanakan bagi mempelai keturunan Bugis, Sulsel.
Pada acara Mappacci tersebut, disamping disampaikannya makna Mappaci juga disertai dengan acara memoleskan daun pacar di kedua telapak tangan mempelai oleh para keluarga dan tokoh yang dituakan dari keluarga kedua calon mempelai disertai dengan sholawat dan doa agar kedua pasangan hidup bahagia sampai tua dan dapat menghadapi setiap masalah yang timbul dalam perjalanan kedua mempelai.
Mappacci adalah upacara untuk membersihkan dan menyucikan diri dari hal – hal yang tidak baik, tak banyak yang tau, ritual mappacci ternyata memiliki makna yang penting bagi sang mempelai maupun keluarga.
Dalam rangkaian acara tersebut juga biasanya ditutup dengan sambutan dari masing – masing perwakilan keluarga kedua mempelai dilanjutkan dengan salam berjabat tangan sebagai simbolis bentuk persatuan antara kedua keluarga besar pihak mempelai laki – laki dan mempelai perempuan. Salaman jabat tangan ini dilakukan oleh bapak Noor Ipansyah SH perwakilan dari keluarga besar mempelai perempuan dan bapak Kamsul Jabir perwakilan dari keluarga besar mempelai pria, Tutupnya. (dam/wan)

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top