Disarpustaka Kalteng Kunjungi Sukamara, Ada Apa  ??? 

Print Friendly, PDF & Email

Suarakalimantan.com, Sukamara

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sukamara Karyono menerima kunjungan kerja dari Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disarpustaka) Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (27/7/2022).

Hadir dalam kunjungan tersebut Kepala Bidang Deposit Pengelolaan Bahan Pustaka dan Preservasi Disarpustaka Provinsi Kalteng Drs. Rody dan juga Kepala Seksi Preservasi Bahan Pustaka /Analis Kebijakan Disarpustaka Provinsi Kalimantan Tengah Karlina Bati.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sukamara Karyono membenarkan jika pihaknya hari ini menerima kunjungan kerja (kunker) dari Disarpustaka Kalteng dalam rangka pemantauan Karya Cetak dan Karya Rekam (KCKR) serta pemutahiran data penerbit direktorat daerah di Kabupaten Sukamara.

Kadis menegaskan, bahwa kegiatan ini didasari atas amanah UU nomor : 13 tahun 2018 tentang serah simpan KCKR. Dimana dalam penjelasan UU tersebut dijelaskan bahwa KCKR merupakan hasil budaya bangsa yang sangat penting dalam menunjang pembangunan nasional, khususnya sebagai tolak ukur kemajuan intelektual bangsa dalam bidang pendidikan, pengembangan illustration pengetahuan dan teknologi, penelitian dan penyebaran informasi dan pelestarian kebudayaan nasional.

Baca Juga:  Kepatuhan Masyarakat Akan Protokol Kesehatan Kunci Keberhasilan PPKM Mikro

Kegiatan yang dilakukan hari ini juga sebagai alat telusur terhadap catatan penting sejarah, jejak perubahan dan perkembangan bangsa untuk pembangunan dan kepentingan nasional di masa mendatang.

Pada prinsipnya kami sangat terbuka atas kunjungan ini mengingat Pemantauan KCKR ini dilakukan sebagai tolak ukur kemajuan teknologi bangsa, referensi dalam bidang pendidikan serta salah satu cara penyebaran informasi kepada masyarakat luas,” tutur Karyono Kepada awak media ini.

Sementara itu Kabid Deposit Pengelolaan Bahan Pustaka dan Preservasi Disarpustaka Provinsi Kalteng Drs. Rody menegaskan bahwa pihaknya sedang melaksanakan pemantauan KCKR dan pemutakhiran data penerbitan direktorat Kabupaten Sukamara tahun 2022.

Dalam kunjungan kami ke Kabupaten Sukamara ini mengunjungi 26 kantor dinas yang mana pada intinya hasilnya setiap dinas akan mengirimkan data yang kami maksudkan untuk di sampaikan kepada Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Kalteng.

Hal senada juga di sampaikan oleh Kepala Seksi Preserpvasi Bahan Pustaka / Analis Kebijakan Disarpustaka Prov. Kalteng Karlina Batik, bahwa kunjungan yang dilakukan dalam rangka pemantauan KCKR dan tadi kami sudah ada dapatkan beberapa buku diantaranya buku Selayang Pandang Kabupaten Sukamara dan Sejarah Kabupaten Sukamara.

Baca Juga:  Plh.Danramil 1002-05/Pandawan Jadi Pembina Di MIN 19 HST

“Jadi tujuan akhir dari kunjungan kerja ini adalah terkumpulnya dokumen KCKR dari setiap Kabupaten/Kota Se Kalteng untuk penambahan bahan bacaan di Kantor Perpusatakaan Prov. Kalteng,” tegas Karlina Batik saat di wawancara awak media ini.

Karlina juga menambahkan dokumen-dokumen ini kedepannya ketika sampai ke Kantor kami semoga akan bermanfaat bagi Pelajar, Mahasiswa dan juga para peneliti serta masyarakat luas ketika mengunjungi perpustakaam daerah milik Pemprov Kalteng.

Namun karena bukunya terbatas maka hanya bisa di baca di tempat tanpa bisa di pinjamkan untuk para pembaca atau pengunjung sekalian.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top