Lingkungan Yang Nyaman Berawal Dari Kesadaran Masyarakat

Print Friendly, PDF & Email

suarakalimantan.com, Banjarmasin – Kelurahan Belitung Utara kali ini mengikuti kegiatan proklim yang dimana program tersebut bisa disebut juga dengan program kampung iklim. Yang dimana program ini diikuti oleh lingkungan RW.01 Kelurahan Belitung Utara, Banjarmasin Barat Rabu (13/7/22).

Fauzie Rahman selaku Ketua Proklim Hijau Daun RW.01 dan Juga merupakan Ketua RT.01 diwilayah Kelurahan Belitung Utara, Banjarmasin Barat dalam kali ini mengandeng tema, Lingkungan nyaman berawal dari kesadaran masyarakat.

Dikatakan Fauzie Rahman, “program proklim Hijau daun RW.01 ini berawal dari pemanfaatan lahan kosong pemerintah yang kami kelola berdasarkan persetujuan Lurah Belitung Utara dan Camat Banjarmasin Barat dengan azas manfaat kelola tepat guna.

Adapun yang lebih mendominasi terwujudnya Proklim Hijau Daun RW.01 adalah perwujudan dari program DKP3 Kota Banjarmasin berkat dengan kehadiran Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan dilingkungan kami, maka untuk itu program kampung Iklim adalah merupakan bagian dari program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) DKP3 yang ada dilingkungan RW 01 Kelurahan Belitung Utara, Banjarmasin Barat.

Baca Juga:  Musrembang Kelumpang Hilir Usulkan Pembagunan Skala Prioritas Untuk APBD 2020

melalui program tersebut kami melakukan percobaan penyemaian beberapa jenis bibit tanaman palawija dan alhasil menunjukkan keberhasilan bibit tanaman dan dapat membuktikan membagikan hasil panen terhadap anggota kelompok dan warga masih dalam lingkungan kami bahkan melakukan penjualan dipasar terdekat. Bermodalkan keberhasilan tersebut kami (anggota kelompok) yang telah secara gotong royong berusaha agar bisa turut serta berpartisipasi mengikuti program kampung Iklim (Proklim) dengan harapan dapat menjadikan lingkungan kami memiliki ketahanan pangan disela masa pandemi covid-19 pada waktu itu,”ucapnya.

Sebelum lingkungan RW.01 mengikuti program kampung Iklim yang diberi nama Hijau Daun RW.01 Kelurahan Belitung Utara mendapatkan anugerah menjadi salah satu perwakilan Kota Banjarmasin untuk mengikuti perlombaan Pekarangan Pangan Lestari yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Propinsi Kalimantan Selatan tentunya memberikan nilai plus serta layak untuk melakukan pengembangan berdasarkan pengalaman dan partisipasi warga lingkungan RW.01 untuk kemajuan wilayah Kelurahan Belitung Utara,”ujarnya.

“Adapun kehadiran Tim Verifikasi Kementrian Lingkungan Hidup diwilayah RW 01 hal ini salah merupakan suatu kebanggaan yang tak terhingga dan tak semua kelurahan mendapatkan kunjungan yang sifatnya konferensif hal ini sangat memberi arti bagi kami sebagai warga awam. Karena tidak semua wilayah yang ada di Banjarmasin Barat bisa mengikuti verifikasi dalam aktualisasi penilaian tersebut.

Baca Juga:  Cara Meningkatkan Gairah Seksual Sebelum Bercinta

Dari beberapa verifikasi yang sudah dilakukan Ketua Proklim Hijau Daun RW.01 berharap agar warga sekitar RW 01 bersama-sama kita mewujudkan betapa perlunya kehadiran Proklim dilingkungan kita agar tercipta suasana asri aman nyaman dan tertib berlingkungan.”pungkasnya.

Terkait program Maharagu Sungai dalam hal ini kami masih dalam tahap pembenahan dan perlakuan terhadap sungai Kuin-1& 2 agar masyarakat dilingkungan sepanjang bantaran sungai Kuin-1 dan 2 dapat menggunakan fasilitas air sungai yang kini bisa dilakukan untuk kehidupan sehari-hari oleh masyarakat setempat dan juga mengenai situasi jamban nyemplung dalam hal ini dinas terkait melalui perpanjangan langsung puskemas Kuin cerucuk mengambil peranan dalam penertiban jamban disepanjang bantaran sungai Kuin-1 dan 2 wilayah Kelurahan Belitung Utara.

(Tim)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top