Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan, Gencar Lakukan Vaksinasi Sampai Pesisir Desa

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan tak pernah menyurutkan dan tetap semangat untuk melayani masyarakat terkait Vaksinasi.

Dimana kegiatan vaksinasi berupaya meningkatkan imunitas masyarakat dan membentuk kekebalan komunal khususnya di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Untuk itu perlu diapresiasi, dalam pelaksanaan vaksinasi oleh BIN Daerah, dengan pola jemput bola. Mendatangi masyarakat di daerah terpencil, terdalam, terluar dan terjauh (4T).

Vaksinasi digencarkan BIN Daerah Kalimantan adanya arahan Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Jend Pol (Purn) Prof Budi Gunawan, agar vaksinasi dapat menjangkau seluruh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk kegiatan ini, BIN Daerah Kalimantan Selatan, bekerja sama dengan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kotabaru, melalui Dinas Kesehatan Kotabaru.

Untuk melakukan pelaksanaan vaksinasi secara door to door, dan kegiatan kali ini adalah warga di Pulau Kerayaan, Kecamatan Pulaulaut Kepulauan, Kotabaru, Kamis (30/6/2022) lalu.

Dalam kegiatan setidaknya ada 230 oran yang disuntik vaksin. Mereka terdiri dari masyarakat umum, anak sekolah, remaja, dan lansia.

Baca Juga:  Wakapolda Kalsel Kibarkan Bendera Start Bhakti Sosial Hari Bhayangkara Ke-75

Vaksinasi dengan menyisir masyarakat pedalaman, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan vaksinasi Covid-19.

Kepala Binda Kalsel Brigjen Pol Dr Heri Armanto, melalui Korwil BIN Kotabaru mengatakan, selama tahun 2022, hingga bulan Juni ini, BIN Daerah Kalsel telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan capaian sebanyak 736.458 orang penerima, baik untuk dosis 1, dosis 2 maupun dosis 3 atau booster.

“Saat ini di beberapa daerah di Indonesia sudah terdeteksi varian covid baru, yakni varian Covid Omicron BA.4 dan BA.5,” katanya.

Menghimbau kepada seluruh masyarakat agar segera melaksanakan dan meningkatkan vaksinasi baik dosis 1, 2 dan booster. Sehingga penyebaran Covid-19 dapat diatasi dengan terbentuknya herd immunity di wilayah Kotabaru.

“Kami juga mengapresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemkab Kotabaru, bersama – sama Binda Kalsel mensukseskan program Pemerintah RI,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Suprapti Tri Astuti, berharap kegiatan ini dapat meningkatkan capaian vaksinasi di Kabupaten Kotabaru, sehingga dapat terbentuk herd immunity atau kekebalan komunal di masyarakat.

Baca Juga:  TNI di HST Kembali Melaksanakan Vaksin Sinovac Dosis Ke-2

Terlebih menghadapi varian baru Covid-19, yaitu subvarian BA.4 dan BA.5 yang sudah ada di beberapa daerah di Indonesia.

Sambung Suprapti, mempercepat capaian vaksinasi Covid-19, perlu kerjasama dengan berbagai pihak, dinkes yang juga melibatkan petugas puskesmas dan tim turdes yang khusus dibentuk untuk menaikan capaian vaksin.

“Vaksinasi di Pulau Kerayaan sangat membantu masyarakat mendapatkan vaksinasi terutama booster, karena Pulau Kerayaan lokasinya jauh dari akses kesehatan,” katanya.

Selain itu ada reward kepada masyarakat, dengan memberikan bingkisan kepasa masyarakat. “Harapan pelaksanaan vaksin ke desa – desa ini tetap didukung oleh berbagai pihak terutama BIN sehingga pencapaian vaksin dapat lebih meningkat lagi,” tutupnya. (wan/dam/ril)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top