Karyono, SE : Lomba Bercerita Untuk Tingkatkan Gemar Membaca Anak

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Sukamara

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sukamara Karyono, SE mengatakan bahwa tujuan dari lomba bercerita tingkat SD/MI Se Kabupaten Sukamara tahun 2022 ini adalah untuk menumbuhkembangkan minat baca anak-anak.

Karyono menegaskan, bahwa tujuan lain dari kegiatan ini adalah, merangsang minat anak untuk hadir dan berkegiatan di perpustakaan dalam rangka menumbuhkembangkan minat baca anak pada usia SD/MI.

Dirinya menuturkan, membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan formal dan non formal yang harus tetap dijaga dan ditingkatkan esensinya melalui berbagai upaya pembinaan dan pengembangan kegemaran membaca.

Begitu juga meningkatkan budaya literasi terhadap budaya lokal serta mengangkat dan mempopulerkan buku cerita budaya daerah yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik.

Karyono menyampaikan kembali, sebagai mana target dari out put yang diharapkan dari kegiatan ini adalah : terpilihnya siswa-siswi SD/MI terbaik tingkat Kabupaten Sukamara tahun 2022 dalam lomba bercerita.

Selain itu juga antara Perpustakaan umum daerah Kabupaten Sukamara dengan satuan pendidikan SD/MI dalam pembudayaan kegemaran membaca dan menumbuhkembangkan kesukaan anak terhadap perpustakaan.

Baca Juga:  Pemko Palangka Raya Kembali Perpanjang Belajar Dirumah

Selanjutnya terwujudnya anak-anak SD/MI yang mencintai budaya lokal dengan mengenalkan cerita rakyat asli Sukamara.

Namun diera keterbukaan dan perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini kegiatan membaca cerita rakyat tentu tidak terlalu digemari oleh anak-anak zaman sekarang.

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang sangat pesat kini mereka lebih menyukai bermain handphone untuk menghibur diri mereka.

Sehingga dengan adanya terobosan kami dalam kegiatan lomba bercerita tingkat SD/MI Se Kabupaten Sukamara  ini diharapka nantinya akan menjadi penggerak untuk teman-teman di sekolah agar mau membaca buku cerita rakyat asli Sukamara dan dapat memberika motivasi kepada generasi muda untuk lebih gemar mendengar, mencintai budaya dan membaca cerita rakyat sejak usia dini.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sukamara merupakan instansi Pemerintah yang diberikan amanah untuk melakukan  tugas Pemerintahan di bidang Perpustakaan dan Kearsipan yang pada kesempatan ini menyelenggarakan kegiatan  lomba bercerita SD/MI tingkat Kabupaten Sukamara Tahun 2022.

“Ini lah bentuk sinergitas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sukamara dengan satuan pendidikan dalam mengembangkan kegemaran membaca di tingkat SD/MI dalam melesatarikan budaya daerah melalui cerita rakyat asli Sukamara,” Pungkas Karyono, SE.

Baca Juga:  DPC FPI Kintap Turun Kejalan, Lakukan Galang Dana Untuk Korban Banjir ROB Muara Kintap

Kegiatan lomba dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sukamara pada 7 Juni 2022.

Adapun hasil lomba bercerita SD/MI Tingkat Kabupaten Sukamara tahun 2022 adalah : Juara 1 : Risda Rafa Salsabila (SDN Mendawai 3 Sukamara), Juara 2 : Nur Putriana Ramdhani (SDN Natai Sedawak 2), Juara 3 : Yoel Juanandhoe (SDN Mendawai 4 Sukamara).

Untuk Juara Harapan 1 : Naura Hasna Annida (SDN Mendawai 2 Sukamara), Juara Harapan 2 : Cidry Jelita Zay (SDN Bala Riam), Juara Harapan  3 : Situ Nurjamila (SDN Bukit Sungkai).

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top