Kepengurusan PPI Kabupaten Sukamara Segera Terbentuk 

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Sukamara

Untuk menghimpun potensi anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) yang ada di kabupaten Sukamara dalam ikut serta menyukseskan pembangunan di Kabupaten Sukamara Provinsi Kalimantan Tengah, akan segera terwujud dengan segera dibentuknya Kepengurusan PPI Kabupaten Sukamara.

Hal ini disampaikan Ketua Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah Heru Setiawan saat menerima silaturahmi Purna Paskibraka Kabupaten Sukamara di Sukamara, kamis (5/5/2022).

Lebih lanjut mantan aktivis kampus ini mengatakan dari 14 Kabupaten/kota se Kalteng masih terdapat 3 kabupaten yang segera dibentuk kepengurusan PPI nya dan saat ini PPI Kalteng komunikasi secara intensif agar dapat terealisasi kepengurusan Kabupaten tersebut.

“Tiga kabupaten yang akan segera dibentuk kepengurusan PPI Kabupaten yaitu, Sukamara, Kotawaringin Barat dan Murung Raya”, jelas heru.

Sebagaimana diketahui, Purna Paskibraka Indonesia merupakan organisasi yang beranggotakan mereka yang pernah bertugas sebagai anggota Paskibraka pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi atau nasional.

Ketua Senat Mahasiswa Universitas Palangka Raya tahun 2000 ini juga menjelaskan bahwa tujuan dari dibentuknya organisasi Purna Paskibraka Indonesia mempunyai tujuan :

Baca Juga:  Heboh!!! Kegiatan Sosial Suku Dayak Di Serbu Warga Simak Penjelasannya

1). Menghimpun dan membina para anggota agar menjadi warga Negara Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, setia dan patuh pada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjadi Pandu Ibu Pertiwi.

2).  Mengamalkan dan mengamankan Pancasila.

3). Membina watak, kemandirian dan profesionalisme, memelihara dan meningkatkan rasa persaudaraan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, mewujudkan kerjasama yang utuh serta jiwa pengabdian kepada bangsa dan negara, memupuk rasa tanggung jawab dan daya cipta yang dinamis, serta kesadaran nasional di kalangan para anggota dan keluarganya.

4). Membentuk manusia Indonesia yang memiliki ketahanan mental (tangguh), cukup pengetahuan dan kemahiran teknis untuk dapat melaksanakan pekerjaannnya (tanggap ) serta daya tahan fisik / jasmani (tangkas).

Heru kembali menjelaskan bahwa, Purna Paskibraka Indonesia juga mempunyai fungsi :

1). Pendorong dan pemrakarsa pembaharuan dengan menyelenggarakan kegiatan yang konstruktif sehingga dapat menjadi pelopor untuk kemajuan bangsa dan Negara.

2). Wadah pembinaan dan pengembangan potensi anggota sesuai dengan kebijaksanaan Pemerintah dan Peraturan Perundang-undangan yang.

Baca Juga:  PT Aimco Global Teken Kerjasama Soal Pertanian dengan Taiwan Dragon

“Jadi Purna Paskibraka sebagai organisasi memiliki tujuan dan fungsi yang jelas,” Pungkas Heru Setiawan.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top