Ikawati BPN Sukamara Peringati Hari Kartini Ke 143 Tahun

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Sukamara

Ketua Ikatan istri Karyawan dan Karyawati (Ikawati) Badan Pertanahan Kabupaten Sukamara, Ibu Talita Kumi Y.Ramba dalam sambutannya mengatakan, Hari ini kita berbahagia dan bersyukur kehadirat Than Yang Maha Esa atas karunia dan rahmatNya yang dilimpahkan kepada bangsa Indonesia.

Khususnya bagi kaum wanita Indonesia sehingga sampai detik ini dan seterusnya kaum wanita dapat berdiri sejajar dengan kaum pria.

Pada zaman dahulu wanita memiliki derajat yang rendah dibandingkan dengam kaum pria. Wanita di pandang sebagai kaum yang lemah dan juga dianggap sebagai pelayan para kaum pria.

Oleh sebab itu, mereka selalu tertindas dan seringkali juga tidak pernah mendapatkn haknya. Melihat kenyataan ini. R.A Kartini merasa iba, hatinya tergugah untuk melakukan sesuatu dan menyelamatkn kaumnya dari ketidakadilan ini.

Di mana pemikirannya semuanya berisi mengenai para kaum wanita, bagaimana kaum wanita seharusnya diperlakukan dan bagaimana status sosial yamg baik bagi wanita.

Cita-citanya sungguh mulia untuk kemajuan para wanita Indonesia. Kartini menghabiskan hidupnya untuk menyuarakan hak wanita agar menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Baca Juga:  Jalan dikecamatan Wawewa Timur Longsor Hingga Putus

Surat-surat Kartini yang berisi perasaan dan pemikirannya tentang perbedaan atau diskriminasi terhadap kaum pri dikumpulkan dan dirangkum isinya menjadubsebuah buku yg berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Sekarang ini kita bisa berbangga diri atas keberhasilan kaum wanita Indonesia, mampu mensejajarkan diri dari martabatnya dengan kaum pria.

“Semoga semangat RA. Kartini yang melandasi di hati sanubari wanita Indonesia tidak lekang di telan waktu dan tidak luntur hingga akhir zaman,” tutur Ketua Ikawati BPN Kabupaten Sukamara.

Ketua Ikawati juga mengatakan, yakinlah hati kita wanita bahwa kita wanita bisa menghadapi tantangan di masa depan, kobarkan semangat Ibu RA. Kartini.

“Marilah kita meneladani sikap dan perilaku ibu Kartini. Ciptakanlah Kartini baru yang mandiri, tangguh dan profesional dalam menghadapi setiap tantangan di era globalisasi, namun dengan tetap tidak meninggalkan kodratnya sebagai wanita,” tegas Ketua Ikawati BPN Kabupaten Sukamara.

Ketua Ikawati juga mengucap rasa terima kasih kepada panitia kecil yang telah dibentuk dalam waktu yang sangat singkat dan telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga peringatan Hari Kartini yang ke 143  dapat kita laksanakan.

Baca Juga:  Anda Lihat, itu Pungli di Lakukan Oknum Polisi Hulu Sungai Tengah

Sebelum mengakhiri sambutannya Ketua Ikawati BPN Kabupaten Sukamara mengucapkan terima kasih dukungan moril maupun spritual dari Bapak Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sukamara bersama dengan  jajaranya.

Begitu juga untuk panitia kecil terima kasih dalam semua persiapan acara ini bisa bejalan dengan lancar.

Adapun Tema Hari Kartini tahun 2022 ” Dengan Semangat Kartini, Kita Wujudkan Perempuan Yang Berdaya dan Berhati Mulia, Demi Tercapainya Keluarga Indonesia Yang Berbahagia.

Dalam acara peringatan Hari Kartini 2022 ini juga dilaksanakan lomba busana RA. Kartini di internal lingkungan Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Sukamara, Pada Rabu (27/4/2022).

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top