Tiga Sesi Ibadah Untuk Sambut Malam Paskah

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Palangka Raya

Menjelang Minggu Paskah, diadakan misa Sabtu Suci yang merupakan puncak kegiatan iman Umat Kristiani untuk merenungkan pengorbanan serta cinta kasih Yesus Kristus. Sabtu Suci juga menjadi momen peralihan dari peristiwa menyedihkan Jumat Agung menjadi perayaan kemenangan pada Minggu Paskah.

Selain itu Sabtu Suci juga momen untuk memperingatinya tubuh Yesus Kristus yang telah wafat karena disalib pada hari Jumat Agung dibaringkan dikubur dan pada keesokan harinya yaitu Hari Paskah yang merupakan momen kemenangan bagi Yesus yang bangkit dari kematiannya.

Puncak rangkaian ibadah selama pekan suci, yang dimulai  dari perayaan Minggu Palma,  Kamis Putih, dan Jumat Agung yakni Sabtu Suci atau Hari Raya Paskah, yang dilaksanakan Umat Katolik di seluruh dunia.

Hari ini, Sabtu  (16/4/2022), di Gereja Katolik Katedral Santa Maria Palangka,  Umat Katolik  dengan suasana khidmat, mengikuti Perayaan  Ekaristi atau Misa Sabtu Suci.

Misa Sabtu Suci, yang diagendakan Panitia Paskah Paroki Katedral Tahun 2022, dilaksanakan sebanyak 3 sesi, dimulai pukul 17.00 WIB, 20.00 WIB dan sesi ketiga pada pukul 22.00 WIB.

Baca Juga:  Hasil Reses Rabbiansyah, S.Sos, Bantu Pembangunan Jalan RT.06 Tabasan Desa Bakau

Pada sesi pertama,  misa Sabtu Suci  dipimpin  oleh Uskup Palangka Raya, Mgr Aloysius Sutrisna Atmaka, MSF, didampingi  Pastor Paroki RD Patrisius Alutampu.

Prosesi misa Sabtu Suci  diawali dengan penyalaan Lilin Paskah  atau upacara cahaya, oleh Uskup Palangka Raya di halaman Katedral. Kemudian lilin Paskah  tersebut  diarak masuk dalam Katedral,  dikawal oleh Kelompok Misdinar atau Putera Altar, dan Petugas Liturgi Katedral.

Bagi Umat Katolik,  menyalakan lilin merupakan suatu makna sebagai sebagai bentuk cahaya hati kudus Yesus yang menerangi dunia dengan cinta kasihNya yang rela wafat demi menebus dosa Umat Manusia.

Pelaksanaan  rangkaian  misa di Katedral Santa Maria Palangka Raya  berjalan dengan tertib dan lancar, dan Panitia Paskah Paroki Katedral sebagaimana  imbauan Pemerintah,  tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top