Renovasi Ruang Sakti RS. Tk III dr. Soeharsono Dalam Meningkatkan Pelayanan dan Kenyamanan Pasien

Print Friendly, PDF & Email

Suarakalimantan.com, Banjarmasin – Rumah Sakit Tingkat III dr. R. Soeharsono Banjarmasin atau yang lebih dikenal  dengan RS TPT yang beralamat di Jalan Mayjen Sutoyo S No.408, Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin merupakan salah satu rumah sakit di jajaran Angkatan Darat di  wilayah Detasemen Kesehatan Wilayah 06.04.02 Banjarmasin, memiliki kapasitas  total 139 tempat tidur.

Rumah sakit RS. TK III dr. R. Soeharsono mempunyai motto “PIAN WAGAS ULUN HIMUNG” (Anda Sembuh Saya Senang)

Dari total 139 tempat tidur tersebut terbagi dalam 5 ruang  perawatan yaitu Ruang Rawat HESTI, Ruang Rawat WIRA, Ruang Rawat SAKTI yang  mana nama tersebut merupakan slogan Korp Kesehatan TNI Angkatan Darat, yaitu Hesti Wira Sakti artinya mengejar keperwiraan dan kesaktian bagi prajurit di seluruh jajaran TNI-AD.

Selain itu ada Ruang Rawat Flamboyan dan Ruang Rawat Gardenia. Renovasi Ruang Rawat Sakti pada pertengahan tahun 2021 dilaksanakan bertujuan untuk mitigasi banjir luapan air pasang di sekitar rumah sakit yang dilaksanakan sekaligus bertujuan untuk perbaikan sarana dan prasarana ruangan.

Baca Juga:  Penghuni Lapas Karang Intan Pulang Tak Bernyawa Diantar Ambulance RSUD Banjarbaru Ke Kotabaru

Sebelum renovasi, ruangan sering terendam banjir antara 10-30cm yang sangat  mengganggu pelayanan dan kenyamanan pasien. Sebagian besar kusen dan daun  pintu serta jendela sudah dimakan rayap, lantai keramik yang pecah pecah, kipas  angin dan kloset jongkok.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah renovasi ruang rawat Sakti sudah bebas banjir,  lantai granit, kusen alumunium dengan panel kaca pada jendela dan pintu, AC di setiap ruangan, kloset duduk di toilet setiap ruang perawatan. Diberikan juga bel pemanggil  perawat, sehingga bila pasien memerluka perawat tidak perlu mendatangin nurse station, namun cukup menekan tombol bel dari kamar perawatan.

Saat ini dari total 42 tempat tidur di Ruang Sakti terbagi dalam 18 ruang perawatan yang terdiri dari beberapa kelas (Kelas III 11 tempat tidur, Kelas II 13 tempat tidur, Kelas I 11 tempat tidur, VIP A 1 tempat tidur dan VIP B 5 tempat tidur).

Baik kelas III, II, I, dan VIP B setiap ruangan dilengkapi dengan AC, TV, dispenser, kamar mandi dalam, cabinet pasien, tirai pembatas antar pasien, dan bantal untuk pasien.

Baca Juga:  Saat Tambat, Speed Boat Terbakar Di Perairan Sungai Barito

Perbedaannya untuk kelas III satu ruangan berisi 5 tempat tidur, kelas II berisi 4 tempat tidur, kelas I berisi 2 tempat tidur. Sedangankan untuk kelas VIP (A dan B), setiap ruang perawatan berisi 1 tempat tidur dengan dilengkapi sofa bed untuk penunggu pasien, dan set bed cover untuk pasien.

“Renovasi Ruang Sakti RS TPT yang dilaksanakan pada pertengahan tahun 2021 berjalan dengan baik dan lancar. Sampai saat ini terjadi peningkatan jumlah pasien yang dirawat di Ruang Sakti, dari 29 orang pasien pada bulan Oktober, meningkat menjadi 59 pasien pada bulan November dan 99 pasien pada bulan Desember”, demikian ujar Letkol CKM dr. Haikal Mufid Hamid, Sp. PD selaku Karumkit RS Tk. III DR. R. Soeharsono kepada media ini, Rabu (19/01/2022) pukul 19.00 Wita.

Dilain pihak, Karu Sakti, Sertu Moch. Anwar mengungkapkan,“Semoga dengan renovasi ruang rawat Sakti RS TPT dapat meningkatkan  kualitas pelayanan dan kenyamanan pasien” (Faisal)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top