PT.ITP Tarjun Gandeng Jurnalis Untuk Sosialisasi Masalah Sampah

Print Friendly, PDF & Email

 

SUAKA – KOTABARU. PT. ITP Tarjun dan berbagai media berkumpul di depan kantor Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam Kabupaten Kotabaru. Hal tersebut dilakukan guna melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat khususnya di lingkungan RT 12 pada area kampung pelangi. Rabu (21/12/2021).

Untuk menjaga lingkungan bebas dari sampah tentunya sangat penting, karena secara tidak langsung ikut melestarikan keanekaragaman hayati. Apalagi di daerah kampung pelangi di Desa Hilir Muara yang secara langsung berbatasan dengan kawasan hutan mangrove, banyak ekosistem yang hidup didalamnya dan menjadi perhatian bersama.

Melihat hal itu, kalangan jurnalis Saijaan dan PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tarjun, Tbk untuk bisa lebih menggeliatkan lagi tentang kesadaran masyarakat akan pentingnya jangan membuang sampah sembarangan. Terlihat jelas di kawasan kampung pelangi yang menjadi ikon wisata bagi masyarakat Desa Hilir Muara pada khususnya, tidak ada sampah yang berserakan karena tak lepas dari kesadaran masyarakatnya.

Jumain, wartawan Radar Banjarmasin yang tugas di Kabupaten Kotabaru mengatakan, ia menyambut baik kegiatan yang diprakarsai oleh jurnalis dan menggandeng salah satu perusahaan produsen Tiga Roda yakni PT ITP Tarjun.

Baca Juga:  Pemaparan Hasil Kinerja Kejaksaan Negeri Kabupaten Kapuas Tahun 2020

“Ini juga menjadi langkah nyata yang dilakukan oleh rekan-rekan wartawan di Kotabaru. Prinsipnya, kami juga peduli lingkungan apalagi dengan dukungan dan support penuh dari Indocement,” ujar Jain sapaan akrabnya.

Ia berharap, dengan kegiatan sosialisasi tentang peduli sampah terhadap masyarakat. Pastinya menjadi salah satu upaya nyata dari wartawan kepada lingkungan.

“Mudah-mudahan apa yang kami laksanakan hari ini menjadi momentum bagi wartawan sendiri dan juga masyarakat pada umumnya, serta terimakasih kepada PT ITP mendukung kegiatan kami,” tambahnya.

Dimintai tanggapan warga kampung pelangi, Risna menilai kegiatan sosialisasi oleh wartawan Kotabaru sangat baik sekali. “Terimakasih kepada wartawan yang datang ke kampung kami dan melaksanakan kegiatan sosialisasi semacam ini. Tentu kami mendukung, sekali lagi terimakasih,” katanya.

Dilain pihak CSR PT ITP Tarjun, Agus Rifani mengungkapkan bahwa, pihaknya melihat kegiatan yang dilaksanakan oleh wartawan di Kotabaru sangat baik sekali dalam mensosialisasikan tentang pentingnya menjaga lingkungan yang dalam hal ini adalah terkait dengan sampah. Bagaimana mensiasati lingkungan agar terbebas dari sampah, karena hal itu pastinya akan menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.

Baca Juga:  P3HI Cium Praktek Politik Uang dengan Dalih Serah Terima Copy KTP

“Ini sangat baik sekali apalagi kita ketahui bersama kampung pelangi Desa Hilir Muara merupakan binaan dari Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru. Kami melihat kesadaran masyarakatnya sangat bagus sekali,” tuturnya.

Dikatakannya lebih jauh, ITP Tarjun tentu akan memberikan support terhadap kegiatan yang dilaksanakan, dan hal itu sebagai bukti bahwa pihaknya peduli akan terjaganya lingkungan dengan baik.

Menjadi harapan semua pihak, sambung Agus lagi, bukan hanya dari perusahaan saja bahwa menjaga lingkungan sangat penting sekali dalam kehidupan, dimulai dari hal kecil bagaimana membangun kesadaran untuk jangan membuang sampah sembarangan. Karena walau bagaimanapun dengan lingkungan yang terjaga dengan baik tentu banyak nilai positif yang dapat di ambil dari situ.

“Kalau tidak salah di Desa Hilir Muara ini sudah ada terbangun bank sampah yang artinya sampah bukan lagi dibuang begitu saja, dengan pemilahan yang baik maka bisa dijadikan sebagai sumber ekonomi. Kita lihat dengan jelas, di kampung ini hampir-hampir susah ditemukan sampah dijalan,” jelasnya kemudian.

Baca Juga:  Pemkab Kotabaru Raih Predikat WTP Ke 7 Kalinya, Sebagai Kado Harjad Ke 72

Ia berharap, pelaksanaan sosialisasi yang digelar oleh kalangan jurnalis akan semakin menambah kesadaran menjaga lingkungan bagi masyarakat, termasuk jurnalis sendiri, dan langkah tersebut diharapkan juga bisa di tiru oleh masyarakat lainnya tentang bagaimana menjaga lingkungan yang baik dimulai dari lingkungan sekitar.

“Dengan begitu, salah satu output yang hendak dicapai adalah semakin menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat, pungkasnya. (wan/dam)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top