Elegi Negeri Seribu Ombak Membahana Di Gedung Pemuda Kotabaru

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Asal Mula Kampung Campa Jawa Juara Pertama Lomba Cerita Rakyat Kotabaru, sedangkan Baca Puisi Pelajar Juara Pertama diraih ; SMAN 1, SMPN 1, dan SD Eka Tjipta Sinar Kencana. Sepenggal ini puisinya.

 

Kuhisap udaramu
Kuhirup sungaimu
Kupijak bumimu
Kukayuh lautmu
Menjadi semestaku.

 

Di sini perarakan musim datang
Dari segala penjuru
Membawa mimpi peristiwa
Dari nol kilometer ke kilometer
Lima puluh tiga
Kusapa duka lara.

 

Potongan puisi karya Penyair Kotabaru Eko Suryadi WS yang dibacakan oleh anakda Nasya Risma Wanda dari SMAN 1 Kotabaru sempat membuat hening ruangan dan membius hadirin yang hadir. saya sempat mengeluarkan air mata, ungkap salah satu undangan yang tidak mau disebutkan namanya.

 

Bertempat di Gedung Mahligai Pemuda Rabu, 15 Dersember 2021 dilaksanakan Pembagian apresiasi pemenang lomba Baca Puisi Tingakt Pelajar dan Menulis Cerita rakyat kotabaru. Kedua kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual untuk Lomba Baca Puisi Tk SD, SMP, dan SMA/Sederajat, serta mengirim naskah kepada Panitia untuk lomba Menulis Cerita rakyat Kotabaru.

Baca Juga:  Pegawai Lapas Palangka Raya Terima Suntik Vaksin Tahap Dua

 

Lomba yang digelar sejak 26 September s.d 28 Oktober 2021 merupakan memaknai Hari Ulang Tahun karang Taruna LXI dan Sumpah Pemuda ke-93. Dan dilaksanakan secara bersama dengan Rumah Literasi Alma, PKBM Merah Putih, DKD, Ikatan Guru Indonesia (IGI), serta Penggerak Literasi Saijaan, ujar Mahmud sang Nakhoda DPD KNPI Kotabaru kepada media ini.

 

Muhammad Abdul Gani atau akrab dipanggil AbGan mengatakan, ”Konsisten berkarya untuk bangsa, Tingkatkan Literasi Baca Tulis dan Budaya.” Merupakan tema yang diangkat Panitia, dengan harapan memberikan kesempatan untuk berkreativitas dalam menuliskan cerita rakyat Kotabaru, upaya untuk meningkatkan literasi, menggali potensi Peserta, dan wadah aktualisasi diri. Adapun Puisi yang dilombakan adalah karya Penyair Kotabaru.

 

Alhamdulillah, kami bersyukur bisa memberikan apresiasi kepada para pemenang lomba. Mohon maaf, baru kita laksanakan dan Thropy, Piagam, serta bingkisan untuk Lomba Puisi Pelajar SD, SMP, dan SMA, serta Like terbanyak 1 s.d 3 dipersembahkan oleh PT STC (Sebuku Tanjung Coal) melalui dana CSR, sedangkan Juara 4 Puisi Thropy bantuan Percetakan Ilmi Print, dan bingkisan disiapkan oleh Panitia bersama, dan Juara 1-4 Lomba Menulis Cerita Rakyat Kotabaru Thropy persembahan Dinas Pemuda Pariwisata, serta bingkisan dan uang pembinaan dari Dinas Sosial, Karang Taruna, KNPI, dan Martbak Eza Kotabaru.

Baca Juga:  Bupati Tapin Berjalan Lihat Stand Pameran Tapin Ekspo 2019.

 

Terimaksih kepada semua pendukung; khususnya PT STC, para kepala Sekolah, Peserta dan guru pembimbing hebat yang berpartisipasi mengikuti Lomba. Permohonan maaf mendalam kepada peserta dan semuanya atas kekurangan kami. Karena tak ada gading yang tak retak, dan sebaik – baik kesalahan adalah melakukan perbaikan dihari esok. Sukses untuk semua, kata Ifunk memaparkan.

 

“Tingkat Literasi kita masih rendah, semoga dengan lomba ini. para Pelajar kita semakin meningkat Literasinya”. Ujar karan, perwakilan PT STC. Turut hadir dan memberikan sambutan serta motivasi perwakilan Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Dinas Sosial, serta Dinas Pemuda, Pariwisata, dan anggota DPDR Kotabaru. (wan/dam)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top