Mantap DLH Sukamara Tanam 130  Pohon Dilapangan Bola Padang Batuah

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Sukamara

Lagi aksi bersih bersih di sekitar lokasi Lapangan Bola Padang Batuah Kota Sukamara di inisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukamara bersama warga sekitar dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Padang.

Bersama bergotong royong membersihkan pepohonan dan rumput liar serta melakukan penanaman Pohon sedikitnya 130 batang berupa pohon trembesi, mahoni dan Pinang, pada Sabtu (20/11/2021) pagi.

Plt. Kepala Dinas LH Kabupaten Sukamara Syamsir Hidayat mengatakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan Hari Pohon Se-dunia. LPMK Padang dan DLH Kabupaten Sukamara bersama warga bergotong royong melakukan pembersihan, pemotongan rumput serta penanaman pohon disekitar lapangan bola Padang Batuah.

Syamsir menegaskan, Peringatan Hari Pohon ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup dan manfaat tanaman bagi kehidupan, terutama untuk melestarikan lingkungan.

Lebih lanjut Syamsir menjelaskan bahwa keberadaan pohon untuk mengurangi pemanasan global, mencegah banjir, tanah longsor, tempat hidup fauna burung dan membuat iklim mikro yang lebih baik.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kotabaru: Berharap Penggunaan Dana CD-CSR Lebih Transparansi

Syamsir menegaskan, bahwa sebuah pohon ukuran sedang mampu memproduksi cukup oksigen yang dapat digunakan satu keluarga yang terdiri dari 4 orang untuk bernapas, dan 3 pohon yang ditanam di sekeliling gedung dapat mengurangi pemakaian pendingin ruang hingga 50%.

“Kami mengajak warga untuk selalu menanam pohon guna untuk melestarikan lingkungan dan memperindah wilayah kita,” Pungkas Syamsir.

Pada kesempatan ini dilakukan penanaman pohon sebanyak 130  batang berupa pohon trembesi, mahoni dan Pinang hias dimana kegiatan penanaman pohon ini akan terus di lanjutkan.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top