Bupati Ajak Warga Tanam Mangrove Untuk Capai Kesejahteraan 

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Sukamara

Bupati Kabupaten Sukamara Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Windu Subagio mengatakan, visi dan misi saya selaku Bupati bersama Wakil Bupati Sukamara H. Ahmadi adalah peningkatan Kesejahteraan rakyat saat ini dan di masa mendatang.

Bupati mengajak kepada masyarakat yang bermukim di pesisir pantai secara umum dan terkhusus masyarakat Desa Sungai Pasir Kecamatan Pantai Lunci, sebagai penerima bantuan program untuk memanfaatkan secara maksimal pola kerja padat kaya ini.

Lebih lanjut H. Wndu Subagio menegaskan, penanaman mangrove hari ini akan bisa kita rasakan hasilnya dalam kurun waktu 4 sampai 5 tahun mendatang.

Orang nomor satu di Bumi Gawi Barinjam ini menjelaskan kembali, bahwa tanaman mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita diantarnya yakni, sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, dengan kata lain tumbuhan mangrove mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai.

Selanjutnya, sebagaimana fungsi tumbuhan yang lain, mangrove juga memiliki fungsi sebagai penyerap gas karbondioksida (CO2) dan penghasil oksigen (O2). Tanaman mangrove juga memiliki peran sebagai tempat hidup berbagai macam biota laut seperti ikan-ikan kecil untuk berlindung dan mencari makan.

Baca Juga:  Dandim Martapura: Tangkal Radikalisme dan Separatisme Perkokoh Mentalitas Ideologi Pancasila

Selain binatang laut, bagi hutan mangrove yang ruag lingkupnya cukup besar sering terdapat jenis binatang darat di dalamnya seperti kera dan burung.

“Saya meyakini tanaman mangrove yang saat ini mulai di tanam di Desa Sungai Pasir ke depan akan mendatangkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas H. Windu Subagio, pada Kamis (11/11/2021).

Acara penanaman mangrove ini sendiri di hadir oleh, Perwakilan dari BRGM, Kepala BPDAS-HL be serta rombongan, Bupati, Wakil Bupati, Kepala Dinas LH, TNI, Kepolisian, Kelompok masyarakat, para siswa dan juga undangan lainnya.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top