Eko : Kembangkan Potensi Pariwisata Untuk Peningkatan PAD Dan Kesejahteraan Rakyat

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Kuala Pembuang

Beberapa lokasi pariwisata yang ada di Kabupaten Seruyan seperti, Air Terjun Sahai Gantung, Air Terjun Suling Tambun, Meriam Pengantin, Pantai Bakau, Danau Sembuluh, Pantai Siamuk, Taman Nasional Tanjung Puting dan Camp Pondok Ambung, sangat lah berpotensi untuk di kembangkan dimasa mendatang.

Beragam potensi pariwisata di daerah Kabupaten Seruyan yang cukup menjanjikan tersebut di atas mendapatkan perhatian serius dari Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo.

Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo, mengatakan sangat berharap agar bisa lebih dikembangkan lagi untuk sector Pariwisata, karena berpotensi bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta bisa juga sebagai peningkatkan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Pengembangan pariwisata sangat berkaitan dengan peningkatan hasil dari pelaku UMKM, dimana setiap wisatawan yang berkunjung kesuatu daerah pasti akan mencari sesuatu yang menjadi ciri khas daerah tersebut dan itu dapat di manfaatkan oleh pelaku UMKM sebagi acuan melakukan usahanya,” ujar Ketua DPRD Seruyan, Senin (8/11/2021) melalui via telepon selulernya ketika di konfirmasi awak media ini.

Baca Juga:  IWO Kalsel Siap Beri Pendampingan Hukum, Aspihani Tegaskan Bubarkan Dewan Pers

Eko berharap dengan melibatkan langsung para pengusaha lokal atau pelaku UMKM, maka akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata.

“Kita ini banyak memiliki pelaku UMKM yang harus kita bantu pemasaranya, dengan menggandeng pelaku UMKM di sektor pariwisata akan meningkatkan daya tarik tempat tersebut, serta akan meningkatkan hasil perekonomian mereka,” ujar Eko.

Lebih jauh kader “banteng” ini mengatakan, sektor UMKM tentunya meliputi banyak hal, seperti olahan kuliner¬† jajanan lokal yang tak kalah enaknya dan kerajinan tangan yang banyak dijadikan sebagai sumber usaha oleh masyarakat lokal.

Beragam usaha ini sebagi penopang perekonomin keluarga dan sampai sekarang masih di gemari, semua itu harus menjadi perhatian semua pihak atau instansi yang terkait bahwa  peluang pengembangan pelaku UMKM dan sektor Pariwisata selalu berkaitan.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top