Gelar Pelatihan Penguatan Pemerintah Desa dan Kecamatan Untuk Program Pamsimas III 2021

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Sukamara

Pelatihan Penguatan Pemerintahan Desa dan Kecamatan Program Pamsimas III 2021, di inisiasi oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Sukamara (PUPRPRKP) dan Tim Pamsimas.

dilaksanakan pada Senin pagi (11/10/2021) di Aula Kantor Dinas PUPRPRKP) Kota Sukamara. Ada pun jumlah peserta terdiri dari 20 Desa dan 5 Kecamatan.

Program Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kabupaten Sukamara adalah salah satu program andalan Pemerintah dalam penyedian air bersih dan sanitasi bagi Masyarakat pedesaan melalui pendekatan berbasis masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah warga kurang terlayani termasuk masyarakat ber penghasilan rendah di wilayah yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi,” Kata Kepala Dinas PUPRPRKP Sukamara Ir. Muhammad Rizali melalui Sekretaris Dinas PUPRPRKP Surya Dharma Meliala, SPDharma lebih detail mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan program pamsimas ini adalah :

1.) Melakukan advokasi kepada pemerintah Kecamatan dan Pemerintahan desa agar memiliki komitmen yang kuat dalam mendukung pelaksanaan program pamsimas.

Baca Juga:  Jalan Raya Sungai Danau Rusak, Hingga Timbulkan Kemacetan

2.) Menyamakan pemahaman pemerintah Kecamatan dan pemerintah desa terhadap juknis kerja sama desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi.

3.) Membangun komitmen Pemerintahan Kecamatan dan Pemerintahan desa agar bersedia untuk melanjutkan program air minum dan sanitasi di desa, salah satu nya melalui kerja sama desa.

4.) Menyusun rencana kerja tindak lanjut Pemerintahan desa dan Kecamatan dalam mewujudkan kerja sama untuk kegiatan air minum dan sanitasi.

Sekretaris Dinas juga dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan ini juga di harapan 1.) Terwujudnya Kecamatan pemahaman Pemerintahan desa dan Kecamatan terhadap juknis kerja sama desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi.

2.) Diharapan terbentuknya komitmen pemerintah desa dan Kecamatan agar bersedia untuk melanjutkan program air minum dan sanitasi di desanya salah satunya melalui kerja sama desa.

3.) Diharapkan tersusunnya rencana kerja tindak lanjut pemerintah desa dan Kecamatan dalam mewujudkan kerja sama desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi.

Dharma sebelum mengakhiri sambutannya dalam acara pembukaan kegiatan penguatan ini meminta kepada para peserta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga:  Jembatan Penghubung Dua Desa di Kabupaten Banjar Ambruk, Aktivitas Warga Terganggu

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top