Apa Kata Plt. Kadis DLH Sukamara Terkait Penyerahan Unit TPS-3R ??? 

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Sukamara

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukamara, Syamsir Hidayat, S.Pi., M.Si dalam sambutannya mengatakan, Desa Bangun Jaya Kecamatan Balai Riam Kabupaten Sukamara, yang awalnya sebagai Desa binaan transmigrasi, mengalami perkembangan yang pesat sehingga bisa menjadi Desa Mandiri.

Dirinya mengatakan kembali tidak bisa dipungkiri, sebagai akibat dari aktifitas masyarakat yang cukup tinggi tersebut adalah semakin banyaknya jumlah sampah rumah tangga dan sampah dari jasa usaha lainnya.

Dalam sambutan yang dibacakannya mengatakan, inisiatif dari sebagian warga masyarakat Desa Bangun Jaya pada tahun 2018, untuk menangani permasalahan sampah ini secara lebih serius, melalui program kutip sampah, meskipun dengan cara yang sederhana dan fasilitas yang seadanya.

Hasil rintisan ini mulai menampakkan hasil dan mendapatkan sambutan yang menggembirakan dari masyarakat dan juga Pemerintah.

Untuk diketahui bahwa Desa Bangun Jaya sesuai dengan data yang ada potensi timbulan sampah sekitar 700 ton per tahun yang dihasilkan dari 843 rumah tangga, saat ini tertangani sekitar 40 persen bahkan sudah menjangkau sebagian wilayah desa yang lain.

Baca Juga:  Korem Antasari. 20 Ton Beras Bantuan Provinsi Kaltim Diturunkan Anggota Kodim 1002/Barabai

Pria yang pernah menjabat sebagai Kabid Peternakan ini mengatakan dengan sarana dan prasarana yang belum memadai, desa melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukamara mengajukan permohonan paket bantuan pembangunan unit TPS-3R dan terealisasi pada tahun 2021 ini.

Dengan telah selesai dibangunnya unit Tempat Pengolahan Sampah Sistem Reduce, Reuse, Recycle atau dikenal dengan TPS-3R di lokasi Bukit Patung Jaya di desa Bangun Jaya ini, ke depan setelah beroperasi diharapkan mampu menangani masalah persampahan di Desa Bangun Jaya khususnya dan kecamatan Balai Riam pada umumnya.

“Semoga saja dengan adanya bangunan TPS-3R ini mampu merangsang kesadaran warga masyarakat untuk lebih peduli dalam pengelolaan sampah mulai dari rumah tangga,” Tutur Syamsir.

Syamsir mempertegas, diharapkan juga nantinya pengoperasian TPS-3R ini mampu memberi dampak positif antara lain : Penyerapan tenaga kerja, meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok pengelola persampahan (KPP) dan masyarakat.

Selain itu mampu mendorong sektor Pertanian, Peternakan dan Perikanan melalui pengelolaan pupuk organik dan magot yang dihasilkan.

“Untuk mewujudkan itu semua perlu partisipasi aktif dan kesadaran dari petugas KPP khususnya dan warga pada umumnya, supaya tujuan pembangunan di Kabupaten Sukamara untuk meminimalisir sampah dapat tercapai dengan baik pula,” Pungkas Syamsir mengakhiri sambutan pada saat serah terima dan peresmian TPS-3R, pada Senin (4/10/2021).

Baca Juga:  Bupati Kotabaru Beserta Rombongan Lakukan Safari Ramadhan Di Desa Tanjung Selamantakan Kecamatan Pamukan Selatan

Hadir dalam acara serah terima dan peresmian TPS-3R Bukit Patung Jaya diantaranya, Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Plt. Kepala Dinas LH, Direktur Sanitasi, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat, Kepolisian, TNI, Kepala OPD, Kepala Desa, Camat serta tokoh masyarakat.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top