Mantap DLH Sukamara Bersama Warga Padang Gelar Gotong Royong

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Sukamara

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukamara, Syamsir Hidayat, S.Pi., M.Si, mengatakan bahwa kegiatan gotong royong ini merupakan inisiatif warga Kampung Padang dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukamara.

Dimana tujuan kegiatan gotong royong ini tentunya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan pastinya lingkungan bersih akan berpengaruh kepada kesehatan masyarakat yang secara perlahan namun pasti akan terwujud warga yang sehat pula.

Syamsir mengatakan, kegiatan gotong royong ini bertepatan dengan momen yang sangat bagus karena 1 Oktober 2021 bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila dan sekaligus Hari Habitat Sedunia dimana tujuan memperingati hari lahir Pancasila adalah, (1). Agar masyarakat mengetahui sejarah bangsa yang berharga. (2). Untuk mengingat bahwa Pancasila sebagai pedoman untuk melaksanakan tugas dan kewajiban dimanapun kita berada. (3). Untuk mengingat bahwa penerapan butir-butir Pancasila dapat menjaga negeri dari tantangan zaman. (4). Pelaksanaan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Sementara itu adapun tujuan memperingati Hari Habitat Sedunia di Kabupaten Sukamara, adalah : (1). Untuk penilaian keadaan Desa/Kelurahan. (2). Untuk mengingatkan kita bahwa setiap orang memiliki kekuatan dan tanggung jawab untuk membentuk masa depan Desa/Kelurahannya.

Baca Juga:  Wujudkan Program Vaksinasi Nasional, Polda Kalsel Gelar Vaksinasi Massal Covid-19

Tema tahunan untuk Hari Habitat Sedunia di Kabupaten Sukamara adalah “Lingkungan Kita”.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penanaman pohon dan bunga dilingkungan Taman Bermain Anak agar tercipta suasana yang asri dan nyaman.

Syamsir sangat berharap agar warga dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak lagi membuang sampah di sungai dan di sembarang tempat bahkan seharusnya merawat taman yang ada dan semoga daerah lainnya dapat mencontoh semangat dan budaya gotong warga ini masih ada dan terus ditingkatkan agar Bumi Gawi Barinjam tetap bersih, nyaman dan kesehatan masyarakat bisa terjaga dengan baik pula.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top