PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Turut Serta Berpartisipasi Dalam World Clean Up Day 2021

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Dalam rangkaian kegiatan World Clean Up Day (WCD) 2021, PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. (“Indocement”) Plant Tarjun menginisiasi gerakan bersih dan pilah sampah. Kegiatan WCD 2021 ini juga dikemas dengan kegiatan Indocement Cleanup Day yang dimulai dari tanggal 16 s/d 18 September 2021. Gerakan massal ini melibatkan sebanyak ± 550 orang dengan tetap melaksanakan prokes, yang terdiri atas kolaborasi beberapa pihak, mulai dari Management dan karyawan Indocement beserta warga masyarakat desa mitra Indocement termasuk Bank Sampah “Andesla” dari desa Langadai.

Kegiatan meliputi kerja sukarela karyawan (employee voluntering) bersih dan pilah sampah, bersih sampah area mangrove di pabrik, sosialisasi pemilahan sampah di masyarakat, dan puncaknya di tanggal 18 Sept 2021 adalah Indocement Goes To Community dimana Indocement bersama masyarakat dan komunitas melakukan pembersihan dan pemilahan sampah di pesisir desa tarjun dan kawasan mangrove desa langadai.

Sampah yang telah terpilah yang berupa sampah anorganik dipilah lagi menjadi sampah plastik, karet, kertas/kardus, dan sampah RDF. Sampah yang sudah terkumpul sampai tanggal 17 September sebanyak ± 1.2 Ton. Sampah yang kurang mempunyai nilai ekonomis kemudian di manfaatkan sebagai bahan bakar alternatif di proses produksi semen, sementara sampah yang masih mempunyai nilai ekonomi di sumbangkan kepada “Bank Sampah” untuk menjadi tambahan pendapatan dari Bank Sampah itu sendiri.

Baca Juga:  Haris Siap Ikut Kompetisi Calon Sekda Provinsi Kalsel

Dikesempatan yang sama, General Manager PT. Indocement Plant Tarjun, Retnawan Widhiantoro melalui SHECSR Department Head, H. Teguh Iman Basuki, mengatakan, Kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi aktif PT. Indocement Plant Tarjun dalam turut serta menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan ramah lingkungan. Dengan menginisiasi dalam gerakan bersih-bersih dan pilah sampah dalam rangka  menggelorakan hidup bersih dan pilah sampah dari rumah, maka dari itu diperlukan adanya kerjasama yang kuat di beberapa pihak terkait, mulai dari pengawasan, pengangkutan sampah secara berkala, monitoring sampah, sampai dengan evaluasi.

Lebih lanjut H.Teguh mengatakan, Dalam WorldCleanup Day ini juga dikemas sebagai kegiatan Indocement Goes to Community.

Program “Indocement Goes to Community (“IGTC”)”, adalah sebuah program yang mana dari Management dan karyawan Indocement, bersama dengan masyarakat desa mitranya berbaur dan bahu-membahu melakukan aksi sosial kemasyarakatan. IGTC adalah wujud terciptanya hubungan yang harmonis antara Indocement dengan
masyarakat. Karena bagaimanapun juga perusahaan membutuhkan suatu social license to operate, yang salah satu tolak ukurnya adalah keharmonisan antara Indocement dengan masyarakat di sekitar kompleks pabriknya untuk menjamin keberlanjutan proses produksi semen, ungkapnya.

Baca Juga:  ReJO Dukung Jokowi Teken UU KPK

“Hubungan yang harmonis antara Perusahaan dengan masyarakat ini merupakan bukti nyata Indocement untuk memposisikan dirinya sebagai salah satu perusahaan semen kelas dunia yang berwawasan lingkungan dan tingkat keberlanjutan yang tinggi. Indocement secara konsisten terus melakukan berbagai program berkesinambungan dengan melibatkan masyarakat desa mitra untuk terus bertumbuh bersama.
Program pemberdayaan masyarakat dirancang untuk dapat menumbuhkan kemandirian bagi masyarakat sejalan dengan komitmen penting lainnya yaitu pelestarian lingkungan untuk hidup yang lebih baik dan berkelanjutan sehingga dapat dirasakan oleh generasi mendatang,” tuturnya.

Disela kegiatan, Salah satu karyawan PT. Indocement Plant Tarjun yang ikut berpatisipasi WCD, Hamidan mengatakan saya sangat bangga telah ambil bagian dan ikut serta dalam Indocement CleanUp Day hari ini, saya juga sangat mengapresiasi kepada Indocement selain menginisasi Gerakan Bersih – bersih ini juga mengajarkan kami dan menularkan pengalaman mengenai perilaku hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat, katanya.

“Kegiatan yang digiatkan kali ini merupakan langkah nyata yang dilakukan Indocement dalam memberikan edukasi dan membekali pengetahuan dan kesadaran para karyawannya untuk menjalani perilaku hidup yang sehat dan bersih (PHBS), pungkasnya. (dam/dn)





Baca Juga:  Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Beserta Relawan Gelar Patroli Prokes PPKM Skala Mikro

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top