Peringati Hari Ozon Sedunia, Pemkab Sukamara Tanam Pohon di Hutan Kota

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Sukamara

Plt. kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukamara, Syamsir Hidayat, S.Pi, M.Si mengatakan rangkaian kegiatan memperingati hari Ozon Sedunia di pusatkan di Hutan Kota Pinang Merah Kota Sukamara Kabupaten Sukamara Provinsi Kalimantan Tengah.

Salah satu rangkaian kegiatannya adalah menanam pohon dengan rincian nya Penanaman 1.000 pohon dengan jenis pohon Belangiran 230 batang, pohon Tanjung 50 batang, pohon pantung 200 batang, pohon Mahoni 230 batang.

Pohon Trambesi 50 batang, Pohon Durian 20 batang, Pohon Palem Putri 50 batang, Pohon Asam Aram 20 batang, Pohon Jengkol 100 batang dan Pohon Tendo 50 batang.

Selain itu juga ada pelepas liaran burung di lokasi yang sama di penanaman pohon di mana kegiatan hari Ozon sedunia di gelar, pada hari Kamis (16/9/2021) pagi.

Plt. Kadis kembali menegaskan bahwa tujuan dari memperingati Hari ozon sedunia ini adalah untuk selalu mengingatkan kepedulian masyarakat internasional tentang lapisan pelindungi bumi.

Syamsir lebih detail menjelaskan efek negatif dari menipisnya lapisan ozon yaitu, (1). Kulit  terbakar dan keriput, (2). Dapat menyebabkan mata terkena katarak hingga mengakibatkan kebutaan, (3). Melemahkan pertahanan tubuh (imunitas) dan juga, (4). Dapat menyebabkan penyakit kanker.

Baca Juga:  Danrem 102/Pjg Meninjau Pelaksanaan Vaksinasi di Palangka Raya

Sementara itu cara untuk melindungi diri dari lapisan Ozon yaitu, (1). Lindungi kulit kita dengan mengenakan celana dan baju panjang dari sinar UV, (2). Kenakan topi untuk melindungi wajah, (3). Gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata.

(4). Gunakan tabir surya untuk bagian lainnya, (5). Tetap berdiam diri di rumah saat matahari terik, dan (6). Usahakan selalu berada di tempat teduh.

Sementara itu beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kerusakan ozon adalah, (1). Beli produk ramah ozon, (2). Gunakan peralatan yang ramah ozon non CFC (chlorofluorocarbon), (3). Teknisi terlatih, 4). Karyawan Perkantoran, berprilakulah ramah lingkungan, dan (5). Jangan budayakan memusnahkan sampah dengan membakar.

Untuk cara mencegah penipisan lapisan ozon yaitu, (1). Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. (2). Menggunakan bahan yang bersahabat dengan lingkungan. (3). Melakukan penghijauan dan (4).Mengurangi Penggunaan Listrik.

Peserta dari kegiatan hari Ozon sedunia adalah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukamara, Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP), KAN (Kader Anti Narkoba) Kabupaten Sukamara serta Anggota Pramuka Kabupaten Sukamara.

Baca Juga:  Guna Menanamkan Rasa Cinta Kepada Satuan, Kodim 1001/Amuntai Gelar Tradisi Masuk Satuan

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan