Pramuka Sukamara Peduli Korban Banjir Katingan

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Sukamara

Sedikitnya ada 27 anggota Pramuka Putra dan Putri dari Kwarcab Gerakan Pramuka Sukamara mengelar aksi dengan tajuk “Pramuka Peduli”, kegiatan aksi penggalangan dana untuk membantu korban banjir di Kabupaten Kasongan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) yang dilakukan pada hari Minggu (12/9/2021).

Ketua Kwarcab Sukamara H. Ahmad Zunani, S H., M.Si, melalui Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kak Syamsir Hidayat, S.Pi., M.Si mengatakan bahwa ikut sertanya Pramuka Peduli Kwarcab Sukamara merupakan proses pendidikan.

Yaitu melatih anggota Pramuka dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir terkhusus Kabupaten Katingan.

Kak Syamsir menjelaskan bahwa untuk titik penggalangan dana untuk regu pertama berada dilapangan Mini, Taman Baca, Pasar Saik, Bundaran Ban, dan Pasar Inpres yang mana diikuti oleh anggota Pramuka 27 orang terdiri pramuka putra sebanyak orang 15 orang dan Pramuka putri sebanyak 20 orang.

Sedangkan pada regu Kedua di lapangan Mini, Taman Baca, Bundaran Ban, Simpang 3 Padang Ujung dan Dermaga yang diikuti sebanyak 32 orang terdiri dari putra sebayak 15 orang dan putri sebanyak 17 orang yang tergabung dalam Saka Wirakartika, Saka Bhayangkara, Ambalan, Kwarran serta  Kwarcab Sukamara.

Baca Juga:  Jamdan Dandim 1002/HST, Tetap Semangat Dan Jangan Buat Pelanggaran

“Kita harapkan adik-adik anggota Pramuka di Sukamara bisa membantu masyarakat. Lakukan apa yang bisa dilakukan. Koordinasi dengan Pemerintah yang menangani Kebencanaan,” kata Syamsir.

Penggalangan dana ini dilakukan oleh semua Kwarran yang ada di Kwarcab Kabupaten Sukamara. Kegiatan Ini bertujuan untuk bentuk kepedulian Pramuka dalam menghadapi situasi yang tidak menguntungkan bagi sebagian masyarakat.

Kepedulian anggota Pramuka diaplikasikan dalam bentuk aksi pramuka peduli yaitu kegiatan bakti Pramuka bersama-sama masyarakat, Pemerintah, Lembaga Swadaya dan Organisasi Masyarakat lainnya yang terintegrasi dan dikoordinasikan oleh Gerakan Pramuka untuk mengembangkan sumber daya manusia, penanggulangan bencana, dan pelestarian lingkungan hidup.

“Dana terkumpul nantinya akan dibelikan sembako sesuai kebutuhan warga terdampak banjir dan akan disalurkan melalui Kwartir Cabang Kasongan. Semoga hal ini bisa membantu meringankan beban saudara kita yang terkena musibah banjir,” pungkasnya.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top