Bang Dhin : Riset Optimal, Banua Akan Lebih Maju

Print Friendly, PDF & Email
Wakil Ketua DPRD Kalsel M.Syaripuddin, SE, M.A.P, (kanan) /Poto Istimewa

Suarakalimantan.comBanjarmasin, Pembangunan yang dilakukan disebuah daerah sudah selayaknya berdasarkan  data dengan parameter dan indikator kinerja yang terukur agar pelaksanaannya tepat sasaran, meminimalisasi kegagalan dan tidak dari sudut pandang subjektif.

Hasil riset yang dikemas menjadi rekomendasi kebijakan berupa policy brief ataupun policy paper berisikan ringkasan isu terkini, alternatif kebijakan sesuai dengan isu terkini dan beberapa rekomendasi sebagai opsi yang terbaik dapat menjadi solusi pembangunan yang efektif dan efisien.

Riset memiliki peran sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan strategis di daerah, terutama dalam menghadapi berbagai peluang dan tantangan daerah serta memperkuat landasan pengambilan langkah dan kebijakan, karena rekomendasi yang dihasilkan didukung oleh data dan fakta yang valid.

Keberadaan penelitian dan pengembangan berperan sebagai input dalam proses penyusunan langkah- langkah atau kebijakan strategis daerah kedepan serta dapat memberikan berbagai input atau rekomendasi dalam rangka implementasi program- program strategis daerah yang tengah berjalan.

Penelitian dan pengembangan bisa juga sebagai kontrol maupun katalisator dalam pencapaian sasaran program. Kemudian, peran di akhir yakni memberikan input dan penilaian terhadap hasil pelaksanaan program sebagai bentuk evaluasi, sehingga dapat dijadikan acuan bagi pelaksanaan program selanjutnya.

Baca Juga:  Kopda Erly Sambangi Warga Binaan Di Desa Atiran

Bang Dhin, sapaan keseharian Wakil Ketua DPRD Kalsel mengatakan bahwa  pengkajian terhadap kebijakan dapat dilakukan dengan pen­e­litian sehingga mening­katkan kualitas kebijakan dan program serta sebagai dasar perumusan kebijakan penye­lenggaraan Pemerintahan Daerah

“Riset dan pengembangan harus dioptimalkan, dari sana akan menaikkan daya saing kita, karena semua yang kita lakukan berdasarkan kajian ilmiah” Ucap Bang Dhin kepada media, Jumat (3/9/2021) di Banjarmasin.

Bang Dhin menambahkan bahwa riset dan pengembangan daerah Kalsel perlu diperkuat, baik dengan support Pemerintah dari segi regulasi terhadap program-program penyelenggaraan riset, SDM Peneliti, sarana prasarana dan akomodir anggaran oleh Pemerintah Provinsi.

“Jika riset dan pengembangan kita semakin baik, maka banua kita akan lebih maju, banua maju maka Indonesia juga akan maju. Untuk itu saya mendorong pemerintah Kalsel agar mengoptimalkan segala hal berhubungan riset dan pengembangan.” Pungkas pria yang sangat Familiar dikalangan anak muda ini. (Red)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top