Petani di Satui Ngadu ke Bang Dhin, Menggunakan Poster

Print Friendly, PDF & Email
Petani di Satui/Poto Istimewa

 

SuaraKalimantan.com – Batulicin, Sejumlah petani di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu ngadu (mengadukan) permasalahan pertanian di wilayahnya. Curhatan itu mereka sampaikan melalui tulisan pada poster bagaikan aksi demontrasi.

Disaat kunjungan kerja (kunker) Wakil ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripuddin atau Bang Dhin, pada Jumat, 30 Juli 2021 lalu.

Dardi, memegang kertas karton yang bertuliskan “kami meminta bantuan modal dari pemerintah untuk melanjutkan usaha kami dalam menanam padi, karena kami mengalami gagal panen akibat banjir dan pendapat kami ada pencemaran dilahan pertanian kami”

Sementara dua petani lainnya yang juga terlihat memegang kerton dengan tulisan berbeda.

“Kami minta percepatan pembangunan infrastruktur didaerah kami, agar kami bisa menghindari musim banjir disaat melakukan kegiatan menanam pagi sampai panen.”

“Kami meminta diterimanya kembali pendaftaran asuransi usaha tanam padi (AUTP) oleh PT. JASINDO,”

 

Dardi, yang merupakan ketua kelompok tani Karya Mandiri desa Sungai danau, saat dihubungi media ini Jumat, (6/8/2021) membenarkan ia bersama petani lainnya ngadu ke Bang Dhin, memakai sarana poster, terkait permasalahan pertanian yang mereka hadapi.

Baca Juga:  Warga Kota Baru Kehilangan Kerja, Coba Sabu Ketangkap di Tapin

“Iya pak, ada tulisan yang kami buat,” ujar Dardi.

Senada dengan yang disampaikan kepada desa Sungai danau, H.Sya’bani Rasul, yang mengantungkan harapan kepada Wakil ketua DPRD Kalsel agar dapat memperjuangkan insprastruktur, sarana, prasarana penunjang kegiatan pertanian.

“Terutama yang diperlukan desain site plan untuk pertanian, biar kedepannya segala pembangunan lebih terarah, dan tepat sasaran. Sehingga tidak mubazir.” Ujar H. Asul sapaan Akrab kades Sungai Danau.

Sementara, Bang Dhin mengatakan kalau saja ia tidak datang secara langsung mungkin saja tidak mengetahui apa yang diperlukan petani.

“Kalau tidak ada pertemuan ini, kita mungkin tidak tahu kebutuhan petani di lapangan. Saya bersyukur sudah disampaikan apa kebutuhannya,” kata Bang Dhin.

Beberapa aspirasi petani sudah diserap Bang Dhin, melalui kunker dan kegiatan sosialisasi Perda Nomor 12 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Daerah di Kabupaten Tanah Bumbu. (barlis)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top