Cegah Dini Timbul Gejolak Ancaman Diwilayah Kapten Chk Hadi Sutrisno Komsos Berikan Wawasan Kepada FKDM Banjar

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, MARTAPURA – Pertemuan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat yang digelar bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banjar mengundang Kodim 1006/ Banjar yang dihadiri Pasi Intel Kapten Chk Hadi Sutrisno memberikan materi kepada peserta yang hadir. Rabu (7/7/2020)

Namum sebelumnya Kepala Kesbangpol  Aslam membuka secara resmi kegiatan tersebut mengatakan pertemuan FKDM Kabupaten Banjar ini salah satunya mengharapkan untuk mencegah terjadinya konflik sosial di tengah masyarakat.

“Kita ketahui melalui pertemuan FKDM iniĀ  forum sangat baik dan diharapkan sekali, melalui bapak-bapak Kepala desa dan tokoh masyarakat akan lebih mengkokohkan kerjasama menjaga keamanan wilayah.

Aslam  menyebutkan tugas bukan hanya Kesbangpol, Pemerintah maupun Forkopimda saja, dengan harapan  FKDM juga berperan penting antara lain menjaring, menampung, mengkoordinasikan, mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan.

Sementara Itu Kapten Chk Hadi Sutrisno dalam pemaparannya
Melalui Peran FKDM Sebagai Ujung Tombak Dalam Pengumpulan Informasi Dan Membantu Pencegahan Awal Terhadap Berbagai Ancaman”

Baca Juga:  Saksi Ungkap Penyalahgunaan Bansos di Pilkada Kalsel

FKDM mempunyai fungsi tugas dan tanggungjawab karena
mendeteksi gangguan keamanan dalam Daerah sebelum terjadi konflik.

Ini ,agar anggota FKDM dapat membantu Pemerintah Daerah untuk menyaring, menampung, mengkoordinasikan data dan informasi.

Dengan tujuan cegah dini sebelum konflik terjadi artinya perlu ada kerja sama dan saling Sinergisitas berkomunikasi, serta mampu menjadi ujung tombak dalam pengumpulan informasi.

Sekarang warga sangat cermat mengahadapi timbulnya permasalahan dilingkungan sosial, kita tidak aktif dan tidak melaporkan memberikan data juga informasi, akan ada pihak kedua tidak senang memanfaatkan warga.

Untuk itulah FKDM membantu
melapoorkan mengenai situasi dan kondisi Daerah terkait potensi ancaman dan gangguan dan keamanan ikut bertanggung jawab untuk dapat membantu aparat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di daerah wilayah.” tegas Hadi” (pendim 1006/Mtp)

Editorial : Muhammad Hatim





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top