Polresta Banjarmasin Luncurkan Aplikasi SIGAB, Kabid Humas Polda Kalsel Tuntut Personel Kuasai Teknologi

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, BANJARMASIN – Seiring dengan perkembangan lingkungan strategis berupa arus globalisasi dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), menuntut kepolisian untuk dapat mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Melihat perkembangan situasi tersebut maka Polri terus berbenah dan melakukan berbagai terobosan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Polresta Banjarmasin Jajaran Polda Kalsel yang meluncurkan Mobile Aplikasi SIGAB (Siaga Gasan Banua) dan Call Center 110, Sabtu (3/7/2021) pukul 13.30 Wita.

Launching aplikasi tersebut berlangsung di Duta Mall Banjarmasin dengan dihadiri Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. diwakili Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K., Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Kalsel, Walikota Banjarmasin, Kapolresta Banjarmasin, Wakapolresta Banjarmasin, Forkopimda Kota Banjarmasin, Ketua Bhayangkari Cabang Polresta Banjarmasin, Pejabat Utama Polresta Banjarmasin, Kapolsek Jajaran Polresta Banjarmasin, Danramil Jajaran Kota Banjarmasin, Camat Banjarmasin Tengah, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Baca Juga:  Kemensos: Agar Kegiatan Bantuan Tepat Sasaran

Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K., menyampaikan bahwa aplikasi “SIGAB” Polresta Banjarmasin merupakan aplikasi yang dapat digunakan menggunakan Smartphone dan Desktop Komputer yang memiliki beberapa fitur diantaranya Monitoring Panic Button, Pengaduan, Pendaftaran SIM, SKCK, SKBN, Surat Keterangan Kehilangan, News (Berita), Pengawalan, dll.

Selain itu aplikasi tersebut juga menyediakan, fitur – fitur yang terpisah untuk aplikasi petugas dan masyarakat, sehingga bisa digunakan untuk layanan publik maupun digunakan untuk kepentingan internal kepolisian dengan harapan dapat memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait Call Center 110, menurut Kabid Humas Polda Kalsel bahwa teknologi boleh berkembang namun hal yang utama adalah sumber daya manusia (SDM) dituntut harus bisa menguasai dan harus bisa merawat.

Kabid Humas pun berharap dengan di launchingnya aplikasi Polresta Banjarmasin ini semakin menambah kinerja dan semangat kepolisian dalam memberikan kemudahan pelayanan masyarakat guna menuju Polri yang Presisi.” pungkasnya. (Hms Polda Kalsel)

Baca Juga:  FPI dan LEKEM KALIMANTAN Ajak NOBAR Film G30S/PKI

Editorial : Muhammad Hatim





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top