Bupati Sukamara Katakan Ini Saat Dikunjungi Anggota DPRD Kalteng

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Sukamara

Bupati Sukamara Provinsi Kalimantan Tengah, H. Windu Subagio sangat mengharapkan bahwa kunjungan Pimpinan dan anggota Komisi II dan Komisi III DPRD Kalteng ke Kabupaten Sukamara, bisa membawa manfaat bagi peningkatan pembangunan dan pengembangan di semua sektor.

“Kabupaten Sukamara memiliki jumlah penduduk 64.343 jiwa, dan memiliki luas wilayah 3.827 km persegi, terdiri dari 5 kecamatan, 3 kelurahan dan 29 desa,” beber H. Windu saat meneriman kunjungan kerja Anggota DPRD Kalteng pada Kamis (1/7/2021).

H.Windu menjelaskan untuk Kota Kecamatan, Desa dan Kelurahan sudah bisa ditempuh lewat jalan darat.

Untuk Desa paling jauh bisa ditempuh paling lama 2 jam dari Ibukota Kabupaten, karena pembangunan infrastruktur jalan menjadi prioritas utama Pemkab Sukamara.

Bupati mengatakan sebagai gambaran umum, Kabupaten Sukamara dibagi dalam 3 zona yakni zona utara adalah Kecamatan Balai Riam dan Permata Kecubung, yakni kawasan perkebunan, perusahaan besar swasta perkebunan yang beroperasi saat ini berjumlah 6 perusahaan besar kelapa sawit dan satu perusahaan bergerak dibidang usaha tanaman pangan.

Baca Juga:  PERESMIAN MUSHOLLA NURUL HUDA AKSI BEDAH MUSHOLLA KODIM 1003 KANDANGAN

Keberadaan perusahaan ini secara langsung dapat meningkatkan perekonomian terutama diwilayah sekitar perusahaan beroperasi.

Lalu, untuk zona tengah adalah Kecamatan Sukamara yang merupakan ibukota Kabupaten Sukamara dan menjadi pusat perkantoran dan pusat perekonomian.

Selanjutnya, zona selatan yaitu mencakup Kecamatan Jelai dan Kecamatan Pantai Lunci, merupakan kawasan budidaya pangan, pertanian, perikanan, peternakan, parawisata, transmigrasi dan pelabuhan.

Potensi di tiga zona ini bisa di optimalkan dengan dana bantuan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

“Semoga saja kedatangan para anggota DPRD Kalteng tadi bisa menjadi berkah dan tentunya bisa menyampaikan apa yang menjadi keinginan Pemkab Sukamara dalam berbagai program kedepannya nanti dan Kabupaten Sukamara diharapkan semakin maju,” Pungkas Bupati Sukamara H. Windu Subagio kepada awake media ini.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top