SHOPPING CART

close

Merunut Penetapan Kecamatan Delang Sebagai Tujuan Wisata Alam dan Budaya (Bagian 1) 

SuaraKalimantan.com, Nanga Bulik

Potensi panorama alam dan panorama budaya yang indah di Kecamatan Delang Kabupaten Provinsi , tidak diragukan lagi.

Karena itulah, Rabu (22/4/2015) Bupati Lamandau Ir. Marukan, M.A.P meresmikan Kecamatan Delang sebagai tujuan wisata alam dan wisata budaya.

Secara potensial, Kecamatan Delang wajar untuk ditetapkan sebagai tempat tujuan wisata dilihat dari adat dan budayanya yang masih kental, dan potensi sumber daya alamnya yang luar biasa.

Penetapan tersebut dilandasi oleh Keputusan Bupati Lamandau Nomor 188.45/153/III/HUK/2015 tentang penetapan Kecamatan Delang sebagai tujuan wisata budaya dan wisata alam.

Selain itu diperkuat oleh surat pernyataan sikap dari kades/lurah, demang, dan tokoh masyarakat mendukung.

Hutan di kawasan yang berbatasan dengan wilayah Provinsi ini masih asri dan terjaga keindahannya.

  2 Kader PAN di DPRD Tanbu Kehilangan Fraksi

Desa-desa masih dilewati sungai-sungai yang deras dan jernih airnya. Berbagai macam pohon menjulang tinggi dengan beraneka ragam flora, contohnya bunga bangkai (Amorphophallus Titanum).

Keadaan alam yang masih asri juga menyediakan tempat yang nyaman bagi berbagai macam flora. Masyarakat adat Tomunt yang mendiami wilayah ini hingga kini masih bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Setiap tahunnya masyarakat dapat berladang padi dan aneka ragam sayuran, memancing ikan, berburu, mencari madu hutan, dan panen buah-buahan hutan, seperti durian.

Dari data yang di dapatkan Kecamatan Delang memiliki 10 Desa dan 1 Kelurahan diantaranya : Desa Hulu Jojabo, Desa Kubung, Desa Landau Kantu, Desa Lopus, Desa Nyalang, Desa Riam Panahan, Desa Riam Tinggi, Desa Sekombulan dan Desa Penyombaan/Penyobaan serta Kelurahan Kudangan.

  Sandiaga Uno Saksikan Penandatanganan MoU MES Jakarta-Mesir Senilai 1 Juta US Dollar

Rimba terakhir di Kabupaten Lamandau adalah Kecamatan Delang, Kecamatan lain nya hutan sudah sebagai besar di tanami kelapa sawit dan bagian kecil untuk pemukiman warga desa  dan fasilitas umum warga setempat.

Mungkin ini lah tujuan oleh Bupati Lamandau kala itu di jabat oleh Ir. Marukan Hendrik, M.AP Penetapan Kecamatan Delang menjadi Kota Kecamatan untuk tujuan wisata alam dan wisata budaya.

Wisata alam baik perbukitan, arum jeram, air terjun sangat lah masih alami sekali. Wisatawan luar negeri sebelum pandemi COVID 19 lumayan banyak baik Dari Taiwan, Inggris, Italia dan kanada yang sudah menginjakkan kaki nya di wilayah Kecamatan Delang ini.

Wisata budaya, Babukung, ikat tongan, tolak bala, meminum tuak dan masih banyak lagi wisata budaya lainnya.

  BPOM, Disdagin dan Instansi Terkait Lakukan Pengawasan Peredaran Zat Berbahaya di Pasar Tradisional

Penulis cukupkan sampai di sini dulu pada bagian kedua dan selanjutnya penulis akan lebih dalam mengupas wisata alam dan wisata budaya dari setiap desanya.

Penulis : Yohanes Eka Irawanto, SE





Tags:

0 thoughts on “Merunut Penetapan Kecamatan Delang Sebagai Tujuan Wisata Alam dan Budaya (Bagian 1) 

Tinggalkan Balasan