SHOPPING CART

close

Mendongkrak Ekonomi Palangka Raya Lounching Gerai Produk UMKM di Kedai Njamboo

SuaraKalimantan.com,

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.

Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya.

Palangka Raya sebagai Ibu Kota Provinsi tentunya di tengah pandemi yang masih melanda Kota ini juga berdampak terhadap berbagai sektor terutama menurunnya sisi perekonomian di karenakan berbagai faktor diantaranya adalah daya beli menurun akibat efek domino dari minimmya pendapatan pada sektor salah satunya pelaku usaha jasa kuliner di Kota Palangka Raya.

Gubernur, Wali Kota dan Bupati Se juga stekcholder lain terus berupaya maksimal membangkitkan sektor perekonomian rakyat yang terdampak pandemi COVID 19 ini.

Para pejabat ini tidak pernah bosan mengatakan Mari bangkit bersama dengan ekonomi kreatif di tengah pandemi ini, hal ini tersaji hampir setiap hari di berbagai media.

dibukannya Gerai UMKM Aku Mandiri DPD Palangka Raya di Kedai Njamboo kemarin Sabtu (5/6/2021) merupakan bukti selangkah lebih maju membangkitkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi covid 19.

Dalam sambutan pemilik Kedai Njamboo Suto Suwahyo mengatakan, Kedai Njamboo mulai dibuka pada tahun 2020 pada saat ini pandemi Covid 19 menjadi lagi hot-hotnya, sehingga konsep dari Kedai ini menjual kopi, minuman jamu dan tradisioal food/makanan tradisional. Kita membuat slogan Ngopi, Ngejamu, dan Makan Ikan.

  Babinsa Kodim 1002/Barabai Laksanakan Pendampingan Dan Komsos Kepada Petani

“Berawal Pada akhir 2020 saat ngopi bersama pengurus DPW dan DPD IUMKM AKUMANDIRI dilanjutkan sering jumpa ngopi dan diskusi dengan pengurus dan anggota terkait produk, dan pemasaran dengan memperhatikan kekuatan, peluang, tantangan, kelemahan sehingga muncul ide membuat gerai produk UMKM di Kedai Njamboo,” tutur Suto Suwahyo.

Suto sangat mengharapkan bahwa kita bersama dengan dibukannya Gerai UMKM AkuMandiri DPD Palangka Raya Sebagai pusat oleh-oleh khas palangka Raya dan kita perbaiki secara berkala kedepannya nanti.

Dengan dibukanya Gerai UMKM Aku Mandiri DPD Palangka Raya di Kedai Njamboo semoga dapat meningkatkan pemasaran dan penjualan produk, yang dapat memberikan nilai lebih, sehingga kita akan tumbuh berkembang bersama.

Sebagai pintu awal produk UMKM Kalteng menguasai tingkat lokal, regional dan dikenal secara nasional dan international.

Saya memberikan apresiasi dan terima kasih atas kepercayaan dari Pengurus dan anggota DPD AKUMANDIR Palangka Raya atas kepercayaannya dalam memasarkan produk-produk UMKM Palangka Raya melalui kedai Njamboo.

“Semoga saja apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi berkah yang baik bagi kita semua yang hadir, Amin,” kata Suto.

  Polda Kalsel Tingkatkan Pelayanan Segera Renovasi Ruang SPKT

Ketua DPD AKUMANDIRI Kota Palangka Raya Yoanes Budiyana dalam sambutannya mengajak semua anggota untuk produktif dan kreatif dalam memproduksi produk-produk IUMKM, dan dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan untuk memperkenalkan dan memasarkan  produk-produk karya kota Palangka Raya.

Sementara itu Pimpinan OJK Kalimantan tengah Otto Fitriandy menyampaikan agar terus membuka gerai-gerai yang menjual produk IUMKM supaya produk UMKM semakin familiar dimasyarakat.

Dilihat dari lokasi Kedai Njamboo cocok untuk sentral penjulan karena dekat dengan bandara, area parkir yang cukup, untuk lebih mudah produk dilihat sebaiknya display produk di tempatkan didepan.

Hal senada juga ditegaskan oleh Ketua Kadin Kota Farchan menyampaikan kedepan program kerja kadin Kota Palangka Raya akan bersinergi dengan program IUMKM dalam membuat dan memasarkan produk.

Walikota Kota Palangka Raya Fairid Nafarin, melalui IG  mengapresiasi dan bangga melalui kerjasama IUMKM dan kedai Njamboo dapat meningkatkan ekonomi Kota Palangka Raya pada khusunya dan kalimantan Tengah pada umumnya.

Hadir dalam acara Lounching Gerai Produk UMKM di Kedai Njamboo diantaranya, Pimpinan OJK Kalteng, Bank Indonesia, Ketua Kadin Kota Palangkaraya, Garuda Indonesia, JNE, Kantor Pos, Ertiga Club Capther Kalimantan Tengah, Peshutanindo Kalteng, tokoh masyarakat, JNE dan Kadin Kota Palangka Raya, Pengurus dan Anggota IUMKM AKUMANDIRI DPD Kota Palangka Raya dan DPW Kalimantan Tengah.

  Pertamina: Masyarakat Tidak Perlu Panic Buying, Stok Elpiji di Kalimantan Selatan Aman

Puncak kegiatan penandatanganan kerja sama kemitraan antara DPD AKUMANDIRI Kota Palangka Raya.

Berikut beberapa produk oleh oleh baik berupa makanan ringan, kerajinan anyaman rotan dan kerajinan kayu asli dari hutan Kalimantan.

Diantaranya makanan ringan adalah, Amplang, Kripik Pisang, Kripik Singkong,  Kelakai Rotan, Kripik Peyek olahan makanan ringan lainnya.

Untuk Kerajinan anyaman rotan ada berbentuk meja, kursi, pot bunga dan produk lainnya. Sementara itu untuk Kerajinan kayu adalah, hiasan dinding dan lainnya.

“Jadi silahkan para pengunjung yang ingin membawakan oleh-oleh untuk keluarga dekat dan orang yang dicintai, jangan ragu datang saja Ke Kedai Nyambooo sudah tersedia semua,” pungkas Suto.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tags:

0 thoughts on “Mendongkrak Ekonomi Palangka Raya Lounching Gerai Produk UMKM di Kedai Njamboo

Tinggalkan Balasan