Simak Apa Kata Ketua PMKRI Samarinda dan Banjarmasin Terkait KSR 

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Palangka Raya

Konfrerensi Studi Regional (KSR) merupakan sistem pembinaan dimana cabang dan calon cabang yang berada di satu regio membicarakan persoalan dalam regionya untuk diperjuangkan secara bersama – sama.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempertajam daya analisis dari anggota PMKRI terhadap situasi sosial kemasyarakatan dan isu yang sedang berkembang di regionya.

Melalui surat surat Rekomendasi mempercayai PMKRI Cabang Palangka Raya sebagai tuan rumah kegiatan KSR KOMDA VIII pada tahun 2021.

Kegiatan KSR ini di laksanakan selama 5 hari dimulai pada tanggal 23 – 27 Juni 2021, untuk pembukaan dan seminar nasional dilaksanakan di Aula DPRD Kota Palangka Raya yang dilanjutkan dengan kegiatan di Soverdi Palangka Raya.

Pada kegiatan KSR kali ini tema besar yang diangkat adalah “Krisis Ekologi Semakin Dekat, Siapkah Anda ?”

Melalui forum ilmiah Konferesi Studi Regional  kader-kader PMKRI harus mampu  memperoleh poin-poin rekomendasi dari hasil analisis sehingga nantinya disampaikan kepada pemerintah daerah sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam mengambil kebijakan.

Baca Juga:  TNI-Rakyat Gotong Royong Bangun Jembatan Darurat Di Desa Baru Kec Batu Benawa

Sejalan dengan itu ketua PMKRI Cabang Samarinda Yakobus Catur Bimo menyampaikan dengan kondisi Kalimantan saat ini masih jauh dari harapan masyarakat, itu terbukti dari beberapa persoalan  seperti Infrastruktur yang belum merata dan masih terbilang belum baik, angka kemiskinan yang kian meningkat dan bahkan dari sektor fasilitas pendidikan yang masih belum dirasakan anak-anak bangsa yang berada di pelosok pedalaman Kalimantan.

Persoalan eksploitasi alam yang dilakukan secara serampangan juga menjadi sorotan yang perlu di perhatikan berdampak timbulnya bencana alam salah satunya banjir.

PMKRI hari ini sebagai wadah perjuangan dan pengkaderan, dengan tema yang di angkat sangat menarik dan reflektif untuk dapat didiskusikan sehingga diharapkan dapat dibahas bersama dan merumuskan tawaran-tawaran yang dapat diimplementasikan kedepannya tentang masalah Ekologi di Kalimantan.

Hal senada juga disampaikan oleh Stefanus Kasma Ketua PMKRI Cabang Banjarmasin yaitu melalui forum ilmiah ini mencoba untuk mengupas, mengkaji, dan membahas kasus-kasus atau isue strategis daerah yang kemudian diolah menjadi informasi dan data yang nantinya dijadikan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah agar menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan.

Baca Juga:  Dimasa Pandemi Covid-19 Kelas Lapangan TMMD 110 Sinergitas TNI - Dispersip Dalam Mencerdaskan Anak Pariangan

Sebagai upaya untuk menjawab semua tantangan diatas, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) selaku organisasi kemahasiswaan yang berorientasi pada pembinaan dan perjuangan berusaha untuk dapat hadir memberikan kontribusi nyata sebagai hakekat organisasi pengkaderan yang terlibat dalam kehidupan masyarakat, dimana penanaman nilai-nilai Universalitas dan Sensus Hominis menjadi tujuan akhirnya.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top