Tim Asistensi Pramuka Pusterad Kunjungi Kodim 1006/Banjar

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, MARTAPURA – Tim Asistensi Tehnis (Asnis) Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) yang dipimpin oleh Letkol Inf Nasi Syukri bersama satu orang Tim Mahir Inf Endri Misnardi disambut Dandim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom S.I.P di Ruang Tamu Utama Makodim Banjar, Kamis (17/6/2021).

Acara Sistensi dan tanya jawab kepada para peserta yang berlangsung diaula. Dandim 1006/Mtp dalam paparan menyampaikan selamat datang kepada Tim Asnis Pramuka Saka Wira Kartika, kemudian dipaparkan bagaimana upaya Kodim 1006/Banjar dalam melakukan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika.

Letkol Inf Imam kembali menyampaikan bahwa saat ini
upaya pembinaan yang melibatkan Pramuka Saka Wira Kartika diantaranya kegiatan bakti sosial membantu warga bencana musibah angin puting beliung.

Adapun tujuan acara ini adalah sebuah awalan atau pembukaan acara kegiatan Assistensi Teknis Penyelenggaran kegiatan pembinaan Pramuka saka Wira kartika yang dilaksankan oleh Kodim 1006/Martapura Oleh Tim dari Pusterad.

Besar harapan kami dengan diadakannya acara ini adalah dapat meningkatkan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika, sehingga Tujuan pelaksanaan pembinaan saka wira kartika ini dapat tercapai dengan maksimal.” ungkap Dandim.

Baca Juga:  DPW KSBN Kalteng Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya

Kabag Sumdanas Pusterad
Letkol Kav Muhammad Baso
Mengawali sambutan Danpusterad ini secara pribadi, saya menyampaikan keprihatinan kita bersama atas wabah pandemi covid 19 yang sampai saat ini masih melanda seluruh dunia.

Termasuk negara Indonesia sehingga berpengaruh terhadap tatanan kehidupan dan perekonomian masyarakat, semoga wabah covid 19 ini segera berlalu dan kita dapat memulai kehidupan normal seperti sedia kala.

Walaupun demikian saya memberikan apresiasi positif terhadap kinerja aparat teritorial yang dapat melaksanakan kegiatan teritorial dengan mempedomani protokol kesehatan.” paparannya.

Kedatangan tim Asnis, selain untuk bersilaturahmi juga untuk menyamakan persepsi tentang penyelenggaraan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika yang merupakan tindak lanjut dari kebijakan Kepala staf angkatan darat tentang teknik pembinaan Pramuka sebagai salah satu fungsi pembinaan teritorial.

Tujuan dibentuknya Saka Wira Kartika adalah memberi pendidikan dibidang matra darat bagi anggota gerakan Pramuka melalui kegiatan nyata, produktif, berguna bagi dirinya dan masyarakat sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing.

Kemudian sasaran dibentuknya Saka Wira Kartika adalah agar para anggota gerakan Pramuka yang telah mengikuti kegiatan memiliki pengetahuan dan keterampilan khususnya pengenalan matra darat serta keterampilan lainnya.

Baca Juga:  Korem 101/Ant, Sosialisasi Binkom AGHT Cegah Konflik Sosial

Pramuka sebagai organisasi pendidikan non-formal yang mempunyai kewajiban membina kaum muda sebagai generasi penerus calon pemimpin bangsa di masa mendatang.

Untuk mengetahui sejauh mana hasil penyelenggaraan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika yang telah dilaksanakan kodim dapat mewujudkan generasi yang memiliki pengetahuan dan kesadaran dalam bela negara.” tutupnya. (pendim 1006/Mtp).

Editorial : Muhammad Hatim





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top