H. Nuryakin : Mari Kita Bersama Menjaga Alam

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, Palangka Raya

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng menggelar Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021, di lokasi wisata Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya, Jumat (11/06/2021) sekitar jam 08.00 WIB.

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di Kalteng yakni sosialisasi tata cara penanganan sampah Masker bekas dari rumah tangga, aksi pungut sampah, pemberian bibit pohon di kawasan wisata Kereng Bangkirai dan penanaman pohon di area persemaian Dinas Kehutanan Jl. Hiu Putih Ujung, Kota Palangka Raya.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nuryakin.

Saat membacakan sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK RI), H. Nuryakin menyampaikan, bahwa Tema “Ecosystem Restoration” yang di angkat hari ini sejalan dengan semangat dan langkah-langkah Indonesia dalam arti luas dalam pengelolaan lingkungan dan kehutanan yang meliputi restorasi dan rehabilitasi hutan dan kawasan guna mendukung upaya mengatasi krisis perubahan iklim.

Selain itu, memastikan pengelolaan konservasi dan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan, sebagai bagian dari upaya dalam pemulihan ekonomi Nasional melalui kegiatan padat karya, penanaman serta rehabilitasi mangrove dan restorasi gambut serta restorasi hutan untuk mengatasi krisis lingkungan elemen udara, air dan tanah/tutupan lahan.

Baca Juga:  Resepsi Pernikahan Anakda Maulidina Putri Nur & Achmad Pradana Hadiri Sekda Kotabaru Drs. H Said Akhmad MM

H. Nuryakin melalui Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia Tahun ini, mengajak, ini saatnya untuk menjadi generasi yang berdamai dengan alam. “Mari kita bersama menjaga alam dan terkhusus lingkungan kita, dengan menerapkan pola hidup bersih dalam bermasyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, membacakan laporannya, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalteng Vent Christway menuturkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun kerja sama dalam peningkatan kesadaran terhadap lingkungan hidup yang bersih dan sehat melalui upaya pengelolaan sampah dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2021 guna mewujudkan Indonesia Bersih Sampah Tahun 2025.

“Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, masyarakat sadar terhadap pentingnya menjaga lingkungan hidup terkhusus dalam hal pengelolaan sampah guna mencegah pencemaran pada lingkungan,” pungkasnya.

Kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia juga dirangkai dengan penyerahan bantuan tempat sampah kepada Pokdarwis, dan bibit pohon pada Kelurahan Kereng Bangkirai.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan menanam 600 Pohon, yakni 400 Pohon Durian dan 200 Pohon Belangiran di area persemaian Dinas Kehutanan Jl. Hiu Putih Ujung, Kota Palangka Raya, yang dilakukan oleh UPT KLHK, Bapedas Kahaya, Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng.

Baca Juga:  M. Lutfi Ali Anggota Komisi lll DPRD Memberikan Bantuan Peralatan Bengkel Lapas Kelas II A Kotabaru

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top