SHOPPING CART

close

BPOM Tanah Bumbu Awasi & Edukasi Masyarakat Pesisir Pulau Kotabaru,

Tim Loka POM melakukan Pengawasan dan Edukasi masyarakat, terkait bahan makanan berbahaya/ Poto IST

 

SUAKA – BATULICIN, Loka POM kembali melakukan pengawasan dikabupaten , kali ini lokasi yang menjadi pusat pengawasan yaitu daerah selatan dari Pulau Laut Kotabaru.

Adapun lokasi tersebut yakni Wisata Desa Kunyit, Pasar Desa Tanjung Sungkai, dan Pantai Teluk Tamiang yang terletak di Kecamatan Tanjung Pelayar.

Rahmat Hidayat Kepala Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Tanah Bumbu kepada media ini. Senin, (31/5/2021) mengatakan, kegiatan pengawasan kami selama dua hari yaitu dari tanggal 28 sampai 29 mei 2021.

Selain merupakan obyek wisata Tanjung Kunyit, merupakan pulau yang letaknya terpisah dari Pulau Laut Kotabaru. Jadi petugas kami membagikan sejumlah media edukasi kepada masyarakat setelah sebelumnya berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kotabaru serta Pemerintah Desa Tanjung Kunyit.

  Klarifikasi Berita "Dugaan Dealer Mitsubishi Gelapkan Ijazah" Ternyata Ijazah Sudah ditemukan

 

“Adapun media edukasi yang dibagikan yaitu leaflet, komik, dan pemasangan spanduk tentang bahan berbahaya pada pangan.” Kata Rahmat.

Kami juga meyisir lokasi kedua yaitu pasar di Desa Tanjung Sungkai, dimana kami melalukan pengujian terhadap jajanan pasar dengan mengambil beberapa sampel.

“Dari sampel yang diuji hasilnya tidak ditemukan bahan berbahaya. Seperti boraks, formalin, rhodamin B, dan kuning metanil.” Terang Rahmat.

Petugas BPOM juga membagikan media edukasi kepada pedagang berupa komik, leaflet, pemasangan poster yang didampingi oleh Kepala Desa Tanjung Sungkai, serta pelayanan ULPK.

Terakhir, tim mengunjungi Pantai Teluk Tamiang. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Loka POM Tanah Bumbu, Pemerintah Desa Teluk Tamiang, serta Disparpora Kotabaru.

  Keberangkatan 320 Calon Haji, Bupati Minta Do'akan Tabalong Lebih Baik Lagi

Loka POM Tanbu kembali menguji sampel jajanan di tempat wisata dan tidak ditemukan pangan yang mengandung bahan berbahaya.

“Disini Tim juga memasang spanduk, pelayanan ULPK, dan melakukan sosialisasi terkait Cek KLIK kepada pedagang di wilayah tersebut.” Imbuhnya.

Rahmat juga tak lupa imbau masyarakat agar selalu cek klik. “Ayo selalu lakukan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluwarsa) sebelum membeli dan mengonsumsi Obat dan Makanan, serta menerapkan 3M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.” Tutupnya. (Red)

 





Tags:

0 thoughts on “BPOM Tanah Bumbu Awasi & Edukasi Masyarakat Pesisir Pulau Kotabaru,

Tinggalkan Balasan