Babinsa Harus Mampu Menguasai Wilayah Melalui Pembinaan Teritorial

Print Friendly, PDF & Email

SuaraKalimantan.com, MARTAPURA – Penguasaan Wilayah dan Kemampuan Manajemen Babinsa diwilayah Teritorial merupakan keharusan.

Karena Babinsa yang merupakan ujung tombak terdepan dalam tugas kewilayahan bagi TNI AD, sudah sepatutnya mempunyai improvisasi dan inovasi.

Dandim 1006/ Martapura melalui Pasi Ter Kapten Inf Kurmanto membuka langsung Pelaksanaan kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter bagi prajurit  Babinsa Kodim Martapura Yang berlangsung di Aula Makodim’ Senin (12/4/2021).

Kapten Inf Kurmanto mengatakan aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial. Dalam melaksanakan tugas Binter untuk meningkatkan kemampuan prajurit .

Apalagi Kondisi di wilayah kita semakin komplek dengan adanya Pandemi covid-19 dan sekarang sudah memasuki musim penghujan serta Kemarau.

“Prajurit Babinsa harus mampu dalam melaksanakan, menjabarkan, mensosialisasikan Binter di wilayah.

Kegiatan komunikasi sosial yang dilakukan aparat kewilayahan merupakan salah satu pelaksanaan metode Binter TNI AD yang bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan TNI rakyat sehingga nantinya ke depan akan mempermudah dalam melakukan koordinasi guna menangani permasalahan yang timbul di wilayah.

Baca Juga:  DPN P3HI Segera Pleno Sikapi Sejumlah Anggota Pindah Ke Organisasi Lain

“Diharapkan dengan kegiatan komsos ini Babinsa juga dapat bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat guna memperkokoh kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan menjalin rasa persatuan dan kesatuan guna menjaga kondusifitas wilayah demi tetap tegaknya NKRI.

Sementara, materi kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter meliputi Sikap Tertorial, Lima Kemampuan Teritorial, 3 Metode Binter, Kondisi Alam, Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan Perkembangan Ilmu Teknologi Informasi dan pengaruhnya dalam kehidupan.

Penyampaian materi oleh Danramil 1006-08/ Gambut Kapten Cba Teguh Rahnu Asmara dengan bahasan materi antara lain, menyiapkan kemampuan teritorial dari para Babinsa, menciptakan supaya kita memiliki kemampuan pertahanan negara.

Sebagaimana kemampuan aparat teritorial melaksanakan pembinaan teritorial, Lima (5) kemampuan yang harus diingatkan dan dikuasai oleh masing-masing Babinsa dan harus mempunyai sikap tertorial seperti Senyum, Tegur sapa, saling menghargai, gotong royong, menyesuikan diri dan saling menghargai. (pendim 1006).

Editorial : Muhammad Hatim





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top