SHOPPING CART

close

Kodim 1006/Martapura ” Siapkan Ratusan Prajurit Bantu Pemerintah Pencegahan Karhutla “

SuaraKalimantan.com, MARTAPURA – Mitigasi dan Pencegahan adalah salah satu cara yang efektif dalam penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten .

Rapat Koordinasi Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di daerah ini, Bupati Banjar Saidi Mansyur membuka langsung
Rapat Koordinasi dan Pencegahan Kesiapsiagaan Bencana Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan Dan Lahan, yang berlangsung di Aula Barakat Martapura. Kamis (25/3/2021)

Bupati Banjar Saidi Mansyur menyampaikan bahwa Kabupaten Banjar fokus pada upaya dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

” Ini sesuai arahan Presiden RI pada tanggal 22 Februari 2021 di istana dan surat edaran Gubernur bahwa Mitigasi dan Pencegahan 1 Maret 2021 bahwa Mitigasi dan Pencegahan Karhutla menjadi salah satu pekerjaan yang harus dilaksanakan.” Ujar Bupati.

  Risalah Singkat Tokoh Muda Sungai Tabuk, Kalimantan Selatan

Yang penting kita siap siaga meningkatkan upaya kemungkinan terjadi kebakaran hutan dan lahan, terutama BPBD harus sudah siap, juga kawasan pertanian, perkebunan dan lahan tidur semakbelukar diwaspadai.

Bupati berharap kerjasama dan seluruh elemen pemerintah, masyarakat, swasta, TNI dan Polri mendukung program pemerintah menurunkan hotspo/titik panas serta upaya preventif pemadaman dini karhutla.” jelasnya.

Pada kesempatan Kepala BPBD Kabupaten Banjar Irwan Komar mengatakan, langkah awal dan seterusnya penanganan Karhutla  dilakukan dengan Mitigasi dan Pencegahan sudah dilakukan.

Kita tidak perlu mengharapkan kemarau basah meski ada dari BMKG itu terjadi, namun kesiapan dalam bentuk kerjasama penanganan Karhutla diharapkan.

Setelah dilakukan Rakor Karhutla kita akan menggelar apel kesiapan direncanakan  dilaksanakan di Halaman Kantor BPBD Banjar. ” ungkapnya”

  Tim Warsik Itdam VI/Mlw Melaksanakan Pemeriksaan di Kodim 1002/Barabai

Sementara itu Dandim 1006/ Martapura dalam pemaparannya melalui Pasi Ops Kapten Inf Ramelan kesiapan personel TNI 210 prajurit, Poskotis berada di Makodim, titik rawan dan pemetaan sering terjadi menjadi perhatian kita

Pencegahan bersinergi TNI, Polri, Pemerintah didukung para Camat, Kepala desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Masyarakat.” tuturnya.

Sosialisasi jajaran koramil kepada masyarakat, pemasangan spanduk juga dilakukan. Pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini bukan saja tanggung jawab pemerintah, namun juga menjadi tanggung jawab kita semua.

Kita harapkan agar semua pihak bisa menjaga kelestarian alam, dan menjaga kesimbangan ekosistem. Kepada Masyarakat ia menghimbau supaya tidak membakar hutan dan lahan sembarangan, apalagi dalam menghadapi musim kemarau.” tegas Dandim 1006/Martapura.

  Dandim Himbau Warga " Tetap Waspada Dinamika Perubahan Cuaca, Meski Pandemik - 19 Belum Berakhir

Turut hadir dalam acara tersebut TNI dan Polri, Dinas Lingkungan hidup, BPBD, Nanggala Agni, BMKG, Para Danramil, Kapolsek, Camat setempat. (pendim 1006)

Editorial : M. Hatim Darmawi





Tags:

0 thoughts on “Kodim 1006/Martapura ” Siapkan Ratusan Prajurit Bantu Pemerintah Pencegahan Karhutla “

Tinggalkan Balasan