SHOPPING CART

close

Ini Hasil Musrenbang Belitung Timur Untuk Program 2022

SuaraKalimantan.com, Belitung Timur

Pemerintah Kabupaten Belitung Timur melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Tahun 2022, Senin (29/3/2021) di Ruang Rapat Gunung Lumut Bappelitbangda.

Sekretaris Daerah Belitung Timur Ikhwan Fakhrozi mengatakan ada enam prioritas dalam pembangunan Belitung Timur tahun 2022. Keenam prioritas ini menurutnya merupakan pengejawantahan dari visi dan misi yang sudah dikerucutkan dalam RPJMD.

Ada enam prioritas pembangunan yaitu peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, peningkatan pelayanan dasar dan pemberdayaan masyarakat, peningkatan kualitas infrastruktur untuk mengembangkan ekonomi, pemulihan stabilitas ekonomi melalui pengembangan sektor-sektor prioritas, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan pengurangan resiko bencana, serta peningkatan ketahanan pangan.

Dalam mewujudkan prioritas pembangunan ini, Sekda menekankan kepada seluruh perangkat daerah agar meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat dalam kapasitas sebagai abdi negara.

  Tekan Penyebaran Covid-19, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kompak Bagi-Bagi Masker

“Makanya setiap OPD harus paham mengenai tupoksinya masing-masing, pedomani renja dan renstra provinsi dan kabupaten supaya ada sinkronisasi kegiatan, dan bangun komunikasi yang baik terhadap perangkat daerah di provinsi,” kata Sekda.

Keterbatasan APBD, tentunya akan menghambat berbagai program karena itu perlu kecerdasan, kecepatan, dan kemampuan untuk menjabarkan ini sehingga tidak selalu mengandalkan APBD.

“Apalagi ada refocusing delapan persen. Hal ini cukup berpengaruh jadi harus bekerja secara terencana dan menyusun lagi skala prioritas yang harus kita dahulukan,” Ucapnya.

Sementara itu Kepala Bappelitbangda Kabupaten Belitung Timur Propinsi Bangka Belitung Bayu Priyambodo, SE. MT, mengatakan, dari hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Tahun 2022 di dapatkan skema program pembangunan diantaranya pertama pembangunan bidang sumber daya manusia (SDM) salah satunya adalah berupa peningkatan kualitas pendidikan.

Kedua penyelesaian infrastruktur berupa infrastruktur pelayanan dasar, infrastruktur konektivitas kelancaran barang dan jasa.

  Ini Alasan Ben-Ujang Gugat Hasil Pilkada Kalteng

Begitu juga dengan skala prioritas unggulan adalah pada sektor pertanian dan pangan, pariwisata, perikanan dan industri pengolahan.

Ketiga berkaitan dengan program perlindungan sosial berupa sinergitas program perlindungan sosial diantaranya, PKH, BPNT dan subsidi. Selanjutnya mengarahkan penerimaan manfaat subsidi dan bansos yang lebih tepat sasaran.

Keempat adalah program berkaitan dengan birokrasi yang efektif dan efesien dengan konsep birokrasi yang produktivitas, integritas dan menjadi pelayan publik yang baik.

Kelima program antisipasi ketidakpastian berupa mitigasi resiko bencana, pelestarian lingkungan, stabilitas ekonomi, keamanan dan politik.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua DPRD Belitung Timur Fezzi Uktolseja, SE, MM mendukung program-program prioritas yang sudah ditentukan pemerintah. Dia berharap program yang sudah ditentukan ini bisa terlaksana selama kepemimpinan Burhanudin-Khairil Anwar.

  14 Puskesmas Se Tanah Bumbu Juga Salurkan Bantuan Bencana Banjir Kalsel

“Paling penting adalah sinkronisasi program. Semoga pembangunan di Belitung Timur bisa makin maju dan makin mengakomodir kebutuhan publik,” kata Fezzi.

Yohanes Eka Irawanto, SE





Tags:
MAN

0 thoughts on “Ini Hasil Musrenbang Belitung Timur Untuk Program 2022

Tinggalkan Balasan