SHOPPING CART

close

Dinas Ketahanan Pangan Kotabaru Mengharap Mobil Laboratorium Keliling; Alat Periksa Buah Dan Sayur Segar

SUAKA – . Dinas Ketahanan pangan kabupaten Kotabaru, melaksanakan pengamanan makanan segar yang dijual dipasar serta supermarket agar tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Sumeli S. ST, MM mengungkapkan” bahwa makanan segar harus dilakukan rapid test pestisida. Merupakan hal yang penting bagi kesehatan buah dan sayuran, yang sehat dikonsumsi oleh masyarakat.

Sumeli melanjutkan jika melakukan pengecekan rapid test memiliki beberapa keunggulan. Yakni, kondisi komoditas pangan tersebut bisa terukur, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Rabu (10/3/2021).

“Dalam penggunaannya rapid test kit memiliki banyak kelebihan yaitu metode analisa yang lebih cepat, hasil yang didapat langsung dalam satuan konsentrasi yang diinginkan, limbah yang dihasilkan lebih sedikit dan preparasi sampel yang sederhana,”

Untuk itu, pemeriksaan buah dan sayuran segar dilakukan setiap mendekati bulan suci , Idul Adha dan Natal.

Peralatan Rapid Test pestisida sifatnya sekali pakai.

“Perlunya dilakukan supaya mengetahui tingkat keamanan untuk dikonsumsi, apakah banyak mengandung formalin dan pestisida” terangnya.

Selain alat Rapid Test kit, juga ada alat yang bisa digunakan Langsung lakukan dilokasi yakni mobil laboratorium keliling.

“Berharap kepada pemerintah supaya pengadaan mobil laboratorium keliling sebagai sarana prasarana kelengkapan alat pemeriksaan buah dan sayur supaya tetap segar serta aman dikonsumsi” Pungkasnya. (wan/dam)





Tags:

0 thoughts on “Dinas Ketahanan Pangan Kotabaru Mengharap Mobil Laboratorium Keliling; Alat Periksa Buah Dan Sayur Segar

Tinggalkan Balasan