SHOPPING CART

close

Indocement Peduli Banjir Banua Kalsel

SUAKA – . Banua sedang berduka, banjir yang terjadi sejak beberapa hari lalu meninggalkan kesan mendalam kepada para korban yang terdampak. Diketahui bersama, berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional sebanyak puluhan ribu rumah terendam yang ada di beberapa lokasi seperti halnya, Kabupaten , Banjarbaru, , Hulu Sungai Tengah, , , Balangan, dan daerah lainnya.

Berbagai aksi solidaritas dilakukan oleh berbagai kalangan, termasuk dari salah satu perusahaan produsen semen Tiga Roda, PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk Plant Tarjun melalui tim Reaksi Cepat Indocement Peduli (RCIP) yang merasa terpanggil untuk memberikan bantuan bagi para korban, dan itu sebagai upaya nyata yang ditunjukkan oleh perusahaan.

General Manager PT. ITP Tarjun, Retnawan Widhiantoro melalui SHECSR Department Head, Teguh Iman Basoeki menjelaskan bahwa, perusahaan merasa terpanggil untuk bisa melakukan kontribusi bagi para korban yang terdampak.

“Bantuan akan dibawa menggunakan armada Indocement serta langsung diserahkan oleh tim RCIP kepada korban banjir dan pelaksanaannya tetap menjalankan protokol kesehatan karena masih dalam suasana pandemi , dan hal ini sebagai bentuk kepedulian Indocement atas musibah banjir yang terjadi,” paparnya, Jumat (15/1/2021).

Dikatakannya lebih jauh, selain penyaluran dari perusahaan melalui Ikatan Management Indocement (IMI), kalangan karyawan Indocement juga beriniasi melalui Serikat Pekerja Industri Semen Indonesia (SP ISI) memberikan sumbangsih kepada korban banjir.

  Partai Golkar Membuka Penjaringan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Periode 2020-2024

“Kami turut prihatin, tentunya juga terharu dan berduka atas musibah yang menimpa saudara – saudara kita. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang saat ini sedang ditimpa musibah dan memberikan manfaat kepada korban bencana banjir yang terdampak,” jelasnya.

Bantuan diserahkan langsung melalui Koordinator Tim Reaksi Cepat Indocement Peduli (RCIP) PT. ITP, Tbk Plant Tarjun, Hj. Eva Ariani bersama Tim yang secara langsung mengawal membawa bantuan oleh perusahaan menuturkan,” dibeberapa wilayah yang terdampak banjir, untuk wilayah kabupaten tanah laut bantuan diterima oleh Koordinator Lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Laut, Muhammad Yusri, untuk bantuan berupa obat – obatan diterima oleh Pembantu Dekan 3 Fakultas Kedokteran ULM Banjarbaru, Fauzie, yang juga membuka posko bersama di Desa Kampung Jawa Martapura, juga melaksanakan pengobatan gratis di daerah Lok Buntar Desa Sungai Tabuk. Dan bantuan paket berupa makanan di terima oleh Ketua Koodinator Relawan Masjid Asyuhada Banjarbaru, Indira. Disamping itu, bantuan juga diserahkan kepada warga di Desa Pinang Baru, Pakualam serta dibantu kalangan komunitas bikers Banjarbaru,” kata Eva. Di Kabupaten Banjar, bantuan diterima oleh aparatur desa lok buntar, kecamatan sungai tabuk, martapura, Kabupaten Banjar, Bambang bersama Kordinator Pengungsi Gedung Tengah, Kecamatan Sungai Tabuk, Martapura, Yusri, mereka sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Manajemen dan Seluruh Karyawan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk atas kepeduliaannya membantu korban musibah bencana banjir dan semoga bantuan yang disalurkan ini bisa bermanfaat untuk para korban bencana banjir, tuturnya.

  MASYARAKAT PETANI GOTONG ROYONG PERBAIKI JALAN MENUJU KE KEBUN

Untuk penyaluran bantuan hanya bisa ditempuh melalui jalur air menggunakan sampan kecil masyarakat setempat dan sebagiannya menggunakan mobil double cabin untuk sampai kelokasi yang sulit di akses yang bisa dilewati. “Tim kami terus berupaya yang terbaik untuk dapat membantu para korban dan beraktifitas mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam,” imbuhnya.

“Mereka berharap penanggulangan bencana banjir ini dapat berjalan dengan lancar dan kondisi warga masyarakat korban banjir bisa dipulihkan dengan baik dan bangkit kembali pasca musibah bencana yang terjadi yang menimpa mereka,” katanya mengakhiri pada Minggu (17/01).

“Menjadi harapan bersama penanggulangan bencana banjir ini dapat berjalan dengan lancar dan kondisi warga masyarakati bisa dipulihkan dengan baik dan bangkit kembali pasca musibah bencana banjir yang terjadi,” tambahnya.

Sementara Bambang, dari aparat desa Sungai Pinang Baru, mewakili seluruh warga yang dibantu sangat berterimakasih atas bantuan yang disalurkan oleh Indocement Tarjun yang meskipun jauh ikut berkontribusi secara nyata peduli atas kondisi tersebut.

“Terimakasih Indocement Tarjun, saya mewakili masyarakat lainnya memberikan apresiasi kepada perusahaan produsen semen Tiga Roda yang jauh – jauh datang dari Kabupaten Kotabaru memberikan bantuan secara langsung,” ujarnya.

  Jalan Desa Pantai Rusak Diduga Truck Sawit Melebihi Kapasitas. Sidak Pun Dilakukan

Perlu diketahui, cuaca ekstrem yang melanda beberapa wilayah pada 12-14 Januari 2021 kemarin menimbulkan dampak banjir besar di beberapa kabupaten dan kota di , ketinggian banjir mencapai hingga 2-3 meter. Wilayah terdampak banjir akibat cuaca ekstrem tersebut yaitu , Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Balangan,Tabalong. Banjir terparah terjadi di tiga kabupaten yaitu Banjar, Hulu Sungai Tengah dan Tanah Laut, Di Kabupaten Banjar terendam dengan ketinggian air bervariasi, selain banjir yang merendam rumah warga, cuaca ekstrem di Kalimantan Selatan juga membuat jembatan utama provinsi roboh. Hal tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, Mokhammad Hilman.

“Benar jalan nasional tepatnya di jalan A Yani km 55.500 Kecamatan Matraman terputus karena oprit Jembatan Sungai Salim yang rusak tergerus air,” ujar Hilman. (dam/ril)





Tags:

0 thoughts on “Indocement Peduli Banjir Banua Kalsel

Tinggalkan Balasan