SHOPPING CART

close

Bendungan Riam Kiwa dan Kusan sama-sama Waduk, Tapi Tempatnya Berbeda

Sumber poto Internet

BATULICIN, suarakalimantan.com – Apabila ada pihak yang mengklaim  Bendungan Riam Kiwa yang akan dibangun di wilayah Kabupaten , maka itu salah alamat karena tidak berdasar.

Sedangkan Bendungan Riam Kiwa sendiri berlokasi didaerah atau tepatnya didesa Pipitak Jaya, Kecamatan Piani Kabupaten Tapin. Atau dibagian Selatan perbatasan dengan Kabupaten .

Bendungan riam kiwa maupun Bendungan kusan. Kedua duanya berfungsi untuk pengairan pertanian. Sebagai daerah penyangga Ibu kota kelak, harus memposisikan diri sebagai penyangga pangan Ibu kota. Pertumbuhan penduduk di Ibukota akan berkali lipat, karenanya kesiapan pangannya harus disiapkan dari sekarang.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung program prioritas pemerintah untuk mewujudkan ketahanan air dan kedaulatan pangan, konektivitas, perumahan dan permukiman.

  Satgas TMMD Bangun Jalan, Petani tidak perlu Memutar

Bendungan Kusan berdasarkan sistem SDA terletak di Sungai Kusan, DAS Kusan WS Cengal. Secara administratif lokasi Bendungan Kusan terletak di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu.

Data Umum Bendungan Kusan adalah sebagai berikut.Luas Genangan 2.057,77 Ha, Volume Tampungan 404,07 juta meter kubik, Volume Sedimen 45,38 juta meter kubik.

Maindam; Tipe Urugan Batu Inti Tegak, Tinggi 80 meter, Lebar Puncak 13 meter, Panjang Puncak 451 meter.

Cofferdam; Tipe urugan Batu Inti Miring, Tinggi 30 meter, Lebar Puncak 12meter, Panjang Puncak 220 meter.

Terowongan Pengelak; Tipe Tapal Kuda, Diam/Panjang 7 meter/550 meter, Q25 785 meter kubik per detik.

Spillway; Tipe Pelimpah Berpintu, Panjang/Lebar 225 meter/63 meter, Peredam Energi Skyjump. (barlis)





Tags:

0 thoughts on “Bendungan Riam Kiwa dan Kusan sama-sama Waduk, Tapi Tempatnya Berbeda

Tinggalkan Balasan