SHOPPING CART

close

ACT-MRI salurkan bantuan untuk 300 KK warga korban banjir di Kali Besar

SUAKA – PELAIHARI. Sebanyak 1 Ton beras dan kebutuhan lainnya, seperti telur, sarden, minyak goreng, sabun mandi, pampers, pembalut wanita, serta pakaian layak pakai. Disalurkan oleh tim relawan Posko Induk ACT-MRI kepada 300 kepala keluarga (KK) warga terdampak banjir dikabupaten Tanah Laut pada Rabu, (27/1/2021).

Kali ini giliran Desa Kali Basar Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut provinsi yang menerima bantuan, penyaluran bansos tersebut langsung di Pimpin oleh Koordinator Posko Induk ACT-MRI Tala H. Maruan S.Pd.I

Disela-sela penyerahan bansos H. Maruan menyampaikan pada media ini, menurut nya sejumlah bantuan yang ia salurkan ini bersumber dari salah satu Mitra ACT-MRI yaitu PT. Pertamina.

  Dubes Mesir: Furnitur Indonesia Berpotensi Besar di Kota Hurghada

“Salah satu program – program pertamina untuk daerah yaitu Pertamina Peduli Banjir Kalsel,” tuturnya.

Ramli warga Desa Kali Basar menuturkan banyak sekali bantuan yang dibawa hingga memerlukan 5 buah kelotok (kapal) untuk mengangkut bantuan ini, hingga sampai ke desa nya.

Ia menambahkan, banjir tahun ini sangat besar dari sebelum – sebelumnya, karena seluruhnya terendam, menurut Ramli.

“Seluruh rumah warga terendam, tak terkecuali Musholla, semua warga mengungsi keberbagai tempat di Kecamatan Bati-bati, karena banjir tahun ini yang terbesar kami alami hingga ketinggian debit air sedada orang dewasa didalam rumah,” beber Ramli sambil memegang bagian gaganya.

Sementara, Safrudin Kapala Desa Kali Besar mengatakan, “sebagian warga nya sudah kembali ke rumah masing-masing. Padadal debit air didalam rumah masih selutut.” katanya.

  Parkir Sembarangan Akibatkan Lakalantas Didepan Kantor Abdi Negara Dan Depan Kantor BPKAD

Dari pantauan media ini warga desa Kali besar membuat apar – apar (lantai yang ditinggikan) didalam rumah untuk menaroh barang dan tidur.

Warga lain menerangkan “banjir ini akan berlangsung cukup panjang, bahkan berbulan bulan, karena desa nya terletak di rawa – rawa dan tepat berada di bantaran sungai. Selain itu banjir ini kiriman dari Bati-bati dan Liang Anggang dan desa ini jauh dari laut sehingga banjir lambat surut,” tukas warga yang enggan menyebut identitas.

Relawan yang menyalurkan bantuan dijamu makan siang oleh warga setempat, Yassir anggota Relawan MRI-ACT asal yang ikut serta dalam aksi mengatakan, merasa terharu karena sambut begitu ramah dan penuh kekeluargaan, menurut yassir “kami baru pertama berkunjung kesini dan belum ada yang kenal satu sama lain namun sudah disambut seperti ini,” ucapnya.
(Heryand)

  Penanaman Pohon Sebagai Pemulihan Daerah Aliran Sungai

Editor : barlis





Tags:

0 thoughts on “ACT-MRI salurkan bantuan untuk 300 KK warga korban banjir di Kali Besar

Tinggalkan Balasan