SHOPPING CART

close

Sri Agustin: Silaturahmi “Atur Dahar” Pelestarian Tradisi Adat Keturunan Raja- Raja

SuaraKalimantan.com – Penyelenggaraan ‘Atur Dahar’ merupakan pelestarian salah satu upacara adat keturunan raja-raja atau kebiasaan masyarakat dari kerabat kesultanan Kutai Kartanegara, yang sekarang masih terus berlangsung.

Menempati rumah warisan   seorang tokoh masyarakat dan ulama termashur Datuk Amin.
Sri Agustin salah satu Putri keturunan sultan kutai Kartanegara,menggelar acara “Atur Dahar” di jalan Banua Anyar no. 58 Banjarmasin. Minggu (20/12/2020) malam pukul 20.00 Wita.

Upacara “Atur Dahar”
tersebut merupakan yang sangat sakral antar kerabat zuriat dan masyarakat dalam mempererat tali silaturahmi, upaya pelestarian adat istiadat yang sudah ada sejak zaman dulu.

Pada kesempatan yang hikmat itu, turut hadir dalam acara tersebut, dari kalangan para habaib, tokoh agama dan pemuka masyarakat juga para kerabat serta keluarga.

  Koramil 1007-04/ Banjarmasin Utara Gelar Bakti Sosial dalam rangka HUT TNI ke-75

Sri Putri mengatakan pelaksanaan “Atur dahar” merupakan adat atau kebiasaan yang diwujudkan dalam bentuk hidangan, menyajikan berupa wadai dan makanan tradisional , berjumlah 41 macam.” katanya.

Menjaga dan melestarikan adat budaya dengan pelaksanaan “Atur Dahar”, tidak lain adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, bahwa kita dikaruniakan nikmat serta iman untuk memohon keselamatan keberkahan kebaikan dunia dan akhirat.” ujar Sri Agustin Putri kerabat passer grogot.

Adapun Prosesi “Atur Dahar” sekaligus ujud silaturahmi serta berdoa bersama-sama, mudah-mudahan kita diberikan keselamatan kesehatan rezeki dan berkah dalam hidup ini. Dan siapa pun yang hadir In syaa Allah kita semua akan diberkahi oleh Allah subhanahu wa ta’alla.”ucap Sri Putri.

  Anggota Koramil 07/Pagat Bersama Satpol PP HST Bersihkan Sampah

Ia menyebutkan, biasanya kita laksanakan setahun sekali itu sebelum bulan Agustus, tapi berhubung dimasa pandemi atau covid. Jadi kita mundur sampai Desember, In syaa Allah tahun depan kita akan terus melaksanakan kegiatan ini.”sebut Sri Putri.

Harapnya, semoga dari kalangan masyarakat khususnya kerabat zuriat di mana pun mereka berada, peduli terhadap pelestarian adat istiadat ini. Untuk menggali sejarah seni dan budaya di kalangan generasi muda yang bisa ditampilkan baik di level daerah, nasional maupun Internasional,” pinta Sri Agustin, salah satu putri Kerajaan keturunan Sultan Kutai Kartanegara. ([email protected]/sk)





Tags:

0 thoughts on “Sri Agustin: Silaturahmi “Atur Dahar” Pelestarian Tradisi Adat Keturunan Raja- Raja

Tinggalkan Balasan