Pemerintah Daerah Kotabaru Memberikan Dukungan Penuh Terhadap Pengembangan Destinasi Wisata Goa Lowo Di – Desa Tegal Rejo

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Pemerintah daerah Kotabaru memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan destinasi wisata Goa lowo di Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan dengan mengoptimalkan pengelolaan pengembangan objek wisata dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan asli desa (PAD) di tengah pandemi COVID-19.

Hal ini disampaikan oleh Pjs. Bupati Kotabaru, Muhammad Syarifuddin, M.Pd, yang digelar pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Camat Sekabupaten Kotabaru yang berlangsung di objek wisata Goa Lowo, pada Rabu, 02 Desember 2020 tadi.

Kegiatan yang digelar ini dalam rangkaian acara rakor tersebut dalam pelaksanaan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah diterapkan pemerintah Kabupaten Kotabaru.

“Patut diapresiasi, destinasi dikelola kelompok sadar wisata (Pokdarwis) melalui Badan Usaha Milik Desa (BumDes). Hanya berapa bulan saja, mampu menyulap tempat ini menjadi rest area tempat bersantai yang dibalut suasana keasrian alam sekitar, Kata Pjs. Bupati Kotabaru.

“Goa Lowo menjadi salah satu destinasi wisata di Kecamatan Kelumpang Hilir, tidak terlepas dari kebersamaan dan kegigihan serta gotong royong dari masyarakat tergabung dalam pokdarwis untuk memajukan daerahnya.

Baca Juga:  Arnold: Hoaks, Kabar Saya Tak Mau Divaksin

“Alhamdulillah, kami juga sangat mengapresiasi kepada PT. Indocement Tarjun yang telah memberikan penuh dukungan dalam pengembangan objek wisata, kata Pjs Buapti Kotabaru, sehingga pengelolaan destinasi wisata dapat terkelola dengan sangat baik dan memberikan nilai tambah terhadap peningkatan PAD yang cukup besar, terlebih di tengah pandemi COVID-19 sekarang ini,” ujarnya.

“Ia berharap semoga program yang dilaksanakan oleh perusahaan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan Desa Tegal Rejo terus bisa maju dan berkembang menjadi desa unggulan dari desa – desa lainnya yang ada di Kabupaten Kotabaru. Hal ini tentunya ini harus didukung oleh semua lapisan masyarakat untuk bergerak, berkarya, bersinergi bersama,” katanya.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Camat Kelumpang Hilir, Johanuddin, S. Pd, MM, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT. Indocement mendukung penuh dan supportnya dalam pengembangan potensi tempat wisata Goa Lowo ini.

Johanuddin menuturkan pertama kali objek wisata goa lowo terkesan biasa saja, namun setelah pengelolaaannya diambil alih oleh warga, pengelolaannya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang dinamai Pesona Rejo Jaya bersama perusahaaan setempat, kini kondisinya sudah terlihat mentereng dan indah, tuturnya.

Baca Juga:  PT Arutmin Indonesia Tambang Satui dan Mitra Kerja Serahkan Hewan Qurban Idul Adha 1441 H

“Jadi, kami sangat bersyukur, berkat dukungan penuh dan support dari salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Kotabaru yaitu PT. Indocement Tarjun yang menjadikan destinasi wisata Goa Lowo ini menjadi berkembang dan memiliki wisata unggulan yang menjadi daya Tarik bagi wisatawan baik lokal maupun luar daerah, melalui pemberian Pelatihan – pelatihan kelola wisata yang berwawasan lingkungan dan Pelatihan Safety kepada Pengelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta Pemberian Material Semen dalam rangka peningkatan pengembangan objek wisata goa lowo. Ujar Johan.

Sejak dibuka resmi oleh Bupati Kotabaru pada 23 Agustus 2020 yang lalu, dibawah naungan pengelolaan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), perekonomian masyarakat desa disini semakin meningkat dan berdampak positif terhadap pendapatan daerah, khususnya geliat perekonomian masyarakat sekitar, Pungkasnya. (dam/wan)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top