Tiba di Lokasi TMMD Kedua Jendral Disambut Tarian Adat Dayak

Print Friendly, PDF & Email
Kedatangan Meyjen TNI Irwan, S.I.P.,M.Hum dan Brigadir Jendral TNI Firmansyah disambut Letkol Cpn Rahmat Trianto, M.Si,Tr (Han) beserta Forkopimda

SUAKA – BATULICIN. Kedatangan Tim Wasev TMMD ke-109 yang dipimpin oleh Mayjen TNI Irwan, S.I.P.,M.Hum dan di dampingi oleh Komandan Korem 101/Antasari  Brigadir Jendral TNI Firmansyah. Di sambut Tarian Tandik berasal dari Pedalaman Kalimantan, Bertempat di desa Sumber Makmur Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Rabu, (07/10/2020).

Tarian Tandik Balian sebagai salah satu tarian tradisional suku Dayak Warukin di Kalimantan Selatan. Nama Dayak Warukin sendiri berasal dari orang-orang Dayak yang tinggal di wilayah Kabupaten Tabalong.

Sebagai mana diketahui bahwa Suku Dayak Warukin merupakan bagian dari Suku Dayak Maanyan. Suku Mayaan dalam adatnya memiliki tradisi upacara yang dinamakan Balian Bulat.

Ciri khas dari tarian ini yaitu menggunakan benda seperti gong untuk mengiringi tarian, sertatarian ini biasa memakai daun yang sudah di rangkai sedemikian rupa sebagai ciri khas Dayak Banjar.

“Alhamdulillah pak jendral hadir dan kita menyambut sebagai tamu kehormatan untuk meninjau kondisi wilayah kita pada kegiatan TMMD ke 109 di desa Sumber Makmur dan Wonorejo Kecamatan Satui,” ucap Dandim 1022/TNB Letkol Cpn Rahmat Trianto.

Baca Juga:  Paska Jebolnya Embung Tirawan, Kabag Tehnik Imbau Pada Pelanggan Untuk Bersabar

Beliau berharap dengan kedatangan para jendral akan dapat  mempersolid dan memberi dampak yang lebih baik untuk wilayah ini dan Tanah Bumbu pada umumnya. “Momen ini sangat penting, karena dapat mempererat persatuan dan menjadikan kita lebih solid dalam bekerja ditengah masyarakat, tutup Dandim. (barlis)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top