Plt Gubernur Kalteng Kunjungi Lokasi Food Estate Kapuas.

Print Friendly, PDF & Email

Kapuas (Kalteng) Suarakalimantan.com – Kedatangan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kalimantan tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya dan rombongan disambut Plt Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor beserta anggota Forkopimda setempat, Rabu (30/9/2020).

Plt Gubernur Kalimantan Tengah, datang meninjau lokasi Food Estate di Desa Terusan Mulya, Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas, dan berdialog langsung dengan masyarakat petani setempat untuk menyerap aspirasi para petani dilokasi tersebut.

Salah seorang petani bernama Hariman warga Desa Terusan Mulya menuturkan, pada musim panen padi dalam satu hari pihaknya dapat mengumpulkan dan menghasikan 100 ton gabah kering giling, tetapi proses penggilingan masih dilakukan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ungkapnya. 

Diakuinya, ketiadaan brand lokal membuat beras produksi desa setempat belum mampu bersaing dengan produk sejenis dari daerah lain, seperti dari Pulau Jawa.

Menanggapi permasalahan tersebut, Plt Gubernur Habib Ismail menyarankan kepada petani setempat untuk memikirkan strategi pemasaran yang tepat,meningkatkan mutu atau kualitas produk dan cara pengemasan, pengemasan ini juga penting kalau ingin bersaing dengan produk sejenis dari daerah lain, kata Habib Ismail.

Baca Juga:  Tebar Kebaikan di Bulan Ramadhan, PPA LC Kotabaru Gelar Buka Puasa dan Sahur Bersama Anak Yatim.

Petani setempat disarankan agar juga mulai memikirkan untuk mendirikan pabrik pengolahan gabah sendiri dari penggilingan hingga menjadi beras, termasuk pengolahan pupuk, untuk menggenjot produksi beras Kalteng.

Akses transportasi dan infrastruktur jalan akan diperbaiki, hal tersebut saat ini memang tengah menjadi fokus perhatian Pemprov Kalteng untuk membuka keterisolasian daerah dan memperlancar arus distribusi hasil-hasil pertanian, perikanan, dan peternakan di Kalteng. (manuparyadi) 





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top